Teknologi

Your Windows License Will Expire Soon

Pinterest LinkedIn Tumblr

Sejak dulu hingga saat ini, Windows merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan oleh hampir semua kalangan, baik itu pelajar, mahasiswa, pebisnis, maupun pekerja kantoran.

Sebenarnya, pengguna Windows sangat banyak bukan tanpa alasan, melainkan karena Windows memang sangat user friendly dan sangat kompatibel dengan banyak aplikasi penting.

Oleh karena itu, maka wajar saja jika Windows banyak dipilih sebagai sistem operasi sebuah laptop maupun komputer. Bahkan, mungkin ada juga orang yang belum pernah menggunakan OS lain kecuali Windows.

Namun, pengguna Windows juga sering mengalami sebuah masalah terkait aktivasi. Hal ini terjadi karena Windows adalah OS berbayar, sedangkan penggunanya tidak melakukan aktivasi, sehingga muncullah pesan Your License Will Expire Soon.

Bagi Anda yang mengalami masalah ini, saya bisa menebak kalau Anda baru saja (30 hari yang lalu) melakukan install ulang Windows 10 ataupun versi Windows lain. Ada satu kemungkinan lagi, Anda melakukan aktivasi tidak resmi. Apakah benar?

Jika iya, tenang dulu, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa cara untuk mengatasi Your License Will Expire Soon. Dengan cara ini, maka masalah tersebut tidak akan muncul lagi.

Penyebab Your License Will Expire Soon

Sebelum melangkah lebih jauh, tidak ada salahnya jika kita bareng-bareng mengetahui penyebab dari permasalahan ini terlebih dahulu. Sehingga, nantinya kita bisa tahu cara agar masalah ini tidak muncul lagi.

1. Lisensi Tidak Resmi

Saat ini, sudah banyak tersebar lisensi tidak resmi yang bisa digunakan untuk mengaktivasi Windows. Bahkan, tidak sedikit aplikasi activator yang sukses membobol aktivasi Windows.

Nah, jika Anda menggunakan activator tidak resmi, maka kemungkinan besar memang akan mengalami masalah ini. Sebab, aktivasi tersebut tidak selamanya atau tidak permanen.

Yang saya ketahui, kebanyakan jangka waktu activator tersebut sekitar 180 hari. Jika sudah habis, maka Anda harus melakukan aktivasi ulang. Jika tidak, maka akan muncul pesan Your Windows License Will Expire Soon.

2. Masa Aktif OS Terbatas

Saya pernah baca, ada sistem operasi original yang memiliki masa aktif terbatas. Jadi, ketika masa aktif tersebut sudah habis akan muncul pesan Your Windows License Will Expire Soon.

Namun, yang saya tangkap disini, mungkin saja yang dimaksud adalah trial yang diberikan Windows selama 30 hari. Jadi, ketika sudah lewat 30 hari, pengguna akan mendapatkan pesan tersebut.

Jadi, inti dari penyebab ke-2 ini adalah OS Windows belum diaktivasi. Jadi, pengguna hanya memiliki waktu 30 hari sebelum benar-benar (harus) melakukan aktivasi.

Cara Mengatasi Your Windows License Will Expire Soon

Oke, bagi Anda yang sedang mengalami masalah ini, silahkan coba cara di bawah ini untuk mengatasinya:

  1. Pertama, silahkan Anda buka aplikasi Task Manager (caranya tekan Ctrl + Alt + Del).
  2. Pada tab Process, cari dan klik kanan pada Windows Explorer lalu pilih Restart. Biasanya, layar Windows akan berkedip sejenak jika proses berhasilCara Mengatasi Your Windows License Will Expire Soon
  3. Selanjutnya, pada Task Manager, pilih File > New Task > ketikkan explorer.exe > klik Ok. Cara ini bertujuan untuk menjalankan kembali aplikasi Windows Explorer.Your Windows License Will Expire Soon Windows 10
  4. Jika sudah, silahkan buka aplikasi Command Prompt dengan mode Administrator. Jika sudah terbuka, ketikkan slmgr -rearm lalu tekan Enter maka Anda akan disuruh untuk restart perangkat, silahkan klik Ok.
  5. Setelah laptop hidup, silahkan cek apakah Windows sudah teraktivasi atau belum.

Jika masih muncul pesan Your License Will Expire Soon, maka Anda harus melakukan aktivasi menggunakan activator seperti KMS Pico ataupun yang lain, sesuaikan saja dengan versi Windows yang Anda gunakan.

Dengan KMS Pico, maka masalah ini 100% teratasi. Namun, biasanya masa aktif OS Windows tidak selamanya. Jadi, ketika masa aktif sudah mau habis, Anda harus melakukan aktivasi ulang.

Jika mau aktivasi Windows permanen, lebih baik beli lisensi resmi saja dari Windows. Atau kalau mau yang murah (lisensi OEM), Anda bisa membelinya di berbagai marketplace Indonesia.

Nah, itulah cara mengatasi Your Windows License Will Expire Soon.

Semoga bermanfaat.

Write A Comment