Wisata

Wisata Kuliner di Lampung

Pinterest LinkedIn Tumblr

Lampung merupakan provinsi yang berada di ujung selatan pulau Sumatra. Lampung adalah provinsi di Sumatra yang paling dekat dengan pulau Jawa. Karena letak geografis yang dekat dengan Pulau Jawa itulah menyebabkan Masyarakat Lampung juga beragam.

Bahkan bisa dikatakan sebagian besar masyarakat Lampung adalah pendatang yang notabene adalah para transmigran yang berasal dari pulau Jawa. Untuk itulah, sedikit sulit mencari masakan khas dari daerah Lampung. Bisa dibilang Wisata Kuliner di Lampung yang menyediakan makanan asli khas Lampung agak sulit dijumpai.

Namun demikian bukan berarti wisata kuliner di Lampung tidak mengasyikkan. Justru sebaliknya, karena tidak terlalu banyak wisata kuliner khas yang terdapat di Lampung, hal ini bisa menjadi suatu momen yang indah dan menyenangkan juga tak akan terlupakan. Apa saja wisata kuliner yang bisa kita nikmati di Lampung? Berikut daftarnya.

Bakso Sony

Wisata Kuliner di Lampung

Jika Kamu tanya nama warung ini di daerah Bandar Lampung, pasti warga lokal langsung mengenalinya. Warung ini sekarang memiliki lebih dari 3 cabang di kota ini. Mengenai rasa, tak perlu diragukan lagi. Bakso Sony memiliki ciri khas tersendiri dibanding bakso lain.

Selain menu bakso, disini juga menyediakan menu seperti mie ayam dan pempek. Apabila kamu tertarik, silahkan datang ke daerah Tanjung Karang Pusat atau di jalan Wolter Monginsidi. Bukanya sih setiap hari, dari jam 10 pagi hingga jam 8 malam.

Pindang Raden Pattah

Pindang merupakan makanan yang mirip dengan sop. Biasanya yang dibuat pindang adalah berbagai macam ikan. Di Jawa sebenarnya juga ada masakan bernama pindang, tapi tentu saja bentuknya tidak sama dengan pindang yang ada di Lampung.

Pindang yang terkenal di Lampung adalah pindang Raden Pattah yang terletak di Jalan Gajah Mada Lampung.

Biasanya pindang disajikan bersama-sama dengan sambal nanas dan sambal mangga. Perpaduan antara pindang dengan sambal mangga dan nanas tersebut akan menjadikan makanan bernama pindang tersebut semakin nikmat untuk disantap.

Empek Empek 56

Meskipun pempek adalah makanan khas Palembang, namun bukan berarti di Lampung tidak tersedia pempek khas Palembang. Bila di Jawa saja kita bisa dengan mudah menemukannya apalagi di Lampung yang hanya berjarak tak begitu jauh dari Palembang.

Empek Empek 56 adalah pempek yang enak di Lampung letaknya di daerah Teluk Betung. Harganya tergolong relatif murah, namun soal rasa jangan ditanya karena memang Empek Empek 56 ini memiliki rasa yang luar biasa. Kata orang daerah Sumatra “lemak nian” atau enak banget.

Mie Ayam Pangkal Pinang

Mungkin kita sudah sering makan mie ayam. Terlebih di ibu kota mie ayam adalah menu wajib yang tidak bisa ditinggalkan penggemarnya. Di Lampung juga terdapat mie ayam. Namun mie ayam di Lampung memiliki ciri khas tersendiri. Perbedaan tersebut terdapat pada sambal dari mie ayam Bandar Lampung yang terkenal gurih. Mie ayam Bandar Lampung ini bisa dijumpai di daerah Pangkal Pinang.

Selain beberapa kuliner yang bisa dicoba ketika kita pergi ke Lampung, makanan-makanan ringan atau cemilan juga bisa kita coba di sana, seperti kemplang atau kerupuk yang terbuat dari ikan yang biasanya dijual di jalan-jalan.

Wisata Kuliner di Lampung memang tak sebanyak di Jawa. Namun rasa kulinernya tetap tidak kalah menariknya seperti di daerah lain. So, selamat berburu kuliner!

Write A Comment