Wisata

Wisata Bukit Kali Kuning

Pinterest LinkedIn Tumblr

Banyak wisatawan yang mengenal pantai selatan Daerah Istimewa Yogyakarta, tetapi mereka juga mengetahui tentang Kaliurang yang terletak di bagian utara kota. Ada apa disana? Salah satu atraksi terbaik disebut Bukit Kali Kuning!

Terletak di Desa Doyo dan termasuk dalam Kecamatan Cangkringan, Kaliurang Indonesia. Tidak hanya lokasi yang menawarkan panorama yang menakjubkan, lokasi ini juga cocok untuk berbagai aktivitas luar ruangan seperti outbound training dan camping. Mereka yang suka trekking juga bisa memanfaatkan situsnya untuk memuaskan hobinya.

Nuansa

Dari segi nuansa, Bukit Kali Kuning memiliki banyak tempat wisata alam. Misalnya saja pemandangan Bukit Plawangan di bagian barat. Di utara, wisatawan juga bisa melihat panorama Gunung Merapi. Selama eksplorasi, mereka mungkin bertemu dengan beberapa burung lokal termasuk Kebo dan Jalak Penyu.

Keduanya cantik dan eksotis! Sedangkan untuk tanamannya yang paling terkenal adalah pohon Puspa dan Soga. Selain itu, pada saat liburan semakin banyak pengunjung yang datang ke bukit dan mereka membangun tenda untuk berkemah. Tak heran, suasananya lebih ramai dibandingkan perbukitan lain yang terletak di dekat Gunung Merapi.

Menjelajahi Bukit Kali Kuning

Hal yang paling populer untuk dilakukan di Bukit Kali Kuning adalah trekking. Berbeda dengan jalur trekking lainnya di Kaliurang, jalur yang satu ini menampilkan pemandangan yang mudah dan tempat wisata alam yang lebih indah.

Apalagi hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk menjelajahi situs dan mencapai puncak bukit. Selama trekking, wisatawan dapat melihat banyak tumbuhan dan hewan.

Ini termasuk hutan pinus yang menakjubkan, yang memancarkan suasana damai. Seolah-olah, trekker melewati taman surga! Nyanyian burung membuatnya menjadi pengalaman yang lebih bermakna.

Di tengah trekking, wisatawan juga bisa menemukan sungai dengan airnya yang sangat jernih. Di dekat sungai, beberapa pohon Soga dan Puspa tumbuh dengan indah. Tidak hanya terlihat megah, pepohonan juga memiliki cerita yang unik.

Menurut penduduk setempat, pohon Soga tidak akan bertahan tanpa letusan gunung. Tidak ada yang tahu kenapa. Adapun pohon Puspa, tetap ada meski terbakar awan panas gunung! Selama akarnya masih ada, pohon-pohon itu akan tetap hidup.

Pesona Bukit Kali Kuning selanjutnya adalah keberadaan batuan andesit yang tersebar di sekitar lokasi. Sedangkan untuk faunanya, pengunjung bisa bertemu dengan beberapa hewan langka seperti Elang Jawa dan ayam jantan liar.

Jangan khawatir. Selama trekking, mereka juga dapat memanfaatkan beberapa fasilitas yang tersedia seperti warung makan, pusat informasi, penginapan, toilet, dan area parkir.

Atraksi Terdekat

Desa Pentingsari
Kali Dalem
Desa Kepuharjo
Museum Gunung Merapi

Cara Menuju Sana

Bagi yang datang dari Bandara Internasional Adisucipto, tujuan utamanya adalah Kecamatan Cangkringan. Selanjutnya, mereka hanya perlu menuju Desa Doyo dan melakukan trekking ke Bukit Kali Kuning.

Seluruh perjalanan memakan waktu sekitar 40 menit dan jaraknya 20,7 km. Sedangkan untuk rutenya, yang terbaik untuk ditempuh adalah Jalan Pakem-Kalasan.

Dimana untuk tinggal

Hotel Keluarga Rose Garden
Hotel Klenting Kuning
Nguntara Gati Hotel
Puas Hotel

Write A Comment