Wisata

Destinasi Wisata Sukabumi Air Terjun

Pinterest LinkedIn Tumblr

Anda yang ingin menghindari Jakarta yang ramai dan mencari destinasi wisata yang menenangkan, Anda bisa memulai perjalanan Anda ke Sukabumi. Di Sukabumi ada beberapa surga tersembunyi yang menawarkan banyak petualangan alami bagi pecandu adrenalin. Ada banyak destinasi wisata Sukabumi air terjun yang menunggu kedatangan Anda.

Jadi penasaran air terjun apa saja yang bisa dijelajahi jika Anda berada di Sukabumi? Cek nama-nama air terjun yang bisa Anda kunjungi di bawah ini.

3 Wisata Sukabumi Air Terjun yang Menarik untuk Dikunjungi

Curug Cikaso

Foto by: @sefamuharam09

Curug Cikaso ada di Jl. Raya Cikaso, desa Cibitung, Sukabumi. Jika Anda ingin berwisata ke pantai Ujung Genteng yang terkenal, sebelum arah jalan Surade, Anda bisa mengambil jalan belok ke arah kiri menuju Air Terjun Cikaso.

Dari Surade ke jalan Cikaso sendiri cukup dekat yakni hanya sekitar 10 menit untuk bisa sampai ke tempat parkir. Namun dari tempat parker menuju ke air terjunnya, Anda harus naik perahu motor dan melewati sungai Cikaso.

Perjalanan singkat tersebut hanya menghabiskan waktu 2-3 menit. Meski demikian perjalanan menyusuri sungai itu menawarkan pemandangan yang bagus.  Air terjun Cikaso memiliki tiga baris air yang mengalir dengan batu-batu tertutup lumut sebagai latar belakang, memberinya warna kehijauan.

Kehadiran 3 air terjun yang mengalir memberikan pemandangan yang langka. Selain itu aliran airnya deras, tapi meskipun deras tetap saja, beberapa pengunjung ingin berenang di sungai depan Air Terjun Cikaso.

Curug Situ Gunung Sawer

Curug Situ Gunung Sawer adalah sebuah air terjun yang bagus dan jalannya tidak terlalu sulit. Orang bisa berjalan ke air terjun melalui Situ Gintung atau naik ojek dan perjalanan Anda akan ditemani dengan berbagai emandangan yang bagus.

Air terjun ini terletak di Desa Gedepangrango, Kecamatan Kadudampit, Sukabumi. Terletak sekitar 16 km dari kota Bogor, arah Sukabumi atau sekitar 9 km dari kabupaten Cisaat.

Kondisi jalan Kawasan Wisata Situ Gunung mudah diakses karena sudah diaspal dan dapat dilalui dengan menggunakan kendaraan roda dua hingga enam roda. Pintu masuk ke daerah ini berada di sebelah kantor polisi Cisaat di Jalan Raya Bogor-Sukabumi.

Ada dua jalur (berjalan kaki) ke air terjun, yaitu dari Situ Gunung Cinumpang. Jika ingin sedikit adrenalin, Anda bisa mengambil jalur kiri kamp Gunung Situ dan kembali melalui kamp Cinumpang. Jalur kamp Situ Gunung cukup menantang karena fluktuasi di tepi jurang. Sementara jalur melalui kamp Cinumpang relatif lebih ringan dan bisa ditempuh dengan sepeda motor.

Air Terjun Cimarinjung Geopark Ciletuh

Diakui sebagai salah satu Geopark Global UNESCO, destinasi wisata ini menawarkan banyak objek wisata seperti pemandangan pegunungan, air terjun, ladang, dan pantai. Nah, air terjun, di wisata ini memiliki pemandangan yang luar biasa indah.

Air bergemuruh di balik bukit berbatu yang dipenuhi dengan tumbuhan. Anda dapat mengunjungi setidaknya lima air terjun yang mempesona di Geopark Ciletuh, yaitu Awang, Cimarinjung, Puncak Manik, Cikanteh dan Air Terjun Sodong.

Nah, untuk Air Terjun Cimarinjung sendiri adalah salah satu objek wisata yang paling banyak dikunjungi di geopark ini. Memiliki ketinggian hingga 50 meter, mandi di air terjun ini tentunya menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan.

Oleh sebab itu air terjun ini dinamai Air Terjun Cimarinjung. Di bawah air terjun Cimarinjung, ada dua air terjun lain yang lebih kecil tetapi sulit dijangkau, namanya Curug Dogdog dan Curug Nyelempet (aliran airnya sempit dalam bahasa Sunda).

Apabila Anda sedang berada di Sukabumi, jangan lewatkan wisata air terjun yang ada di daerah ini karena pemandangan yang dimiliki luar biasa indah.

Write A Comment