Tokoh Pengusaha Indonesia

Tokoh Pengusaha Indonesia

Saat ini banyak orang yang mengubah pemikirannya dalam hal finansial dan karir.

Dimana saat sekolah dasar orang-orang ditanya tentang cita-cita, mereka kebanyakan menjawab menjadi guru, dokter, tentara, polisi dan profesi lainnya.

Namun pada kenyataannya setelah lulus sekolah menengah atas atau kejuruan (SMA/SMK) mereka lebih kesulitan untuk menggapai cita-cita mereka dari zaman SD.

Tapi tidak sedikit si, yang mulai mencoba dunia kerja sebagai karyawan diaebuah perusahaan, tapi pekerjaan sebagai buruh disebuah perusahaan merupakan hal yang cukup melelahkan.

Memang si gaji tiap bulan lancar, tapi ada batasan kontrak kerja, untuk kontrak kerja saat ini maksimal 2 tahun, itu pun tergantung keputusan perusahaan.

Mungkin gara-gara sulitnya mencari pekerjaan, akhir-akhir ini banyak orang yang menginginkan menjadi pengusaha meski memiliki usaha kecil.

Bagi anda yang benar-benar niat memiliki usaha, anda bisa mencontoh beberapa pengusaha sukses Indonesia yang inspiratif, diantaranya yaitu :

1. Bob Sadino

Tokoh Pengusaha Indonesia Bob Sadino
upload.wikimedia.org

Tokoh inspiratif pertama yaitu pria yang terlahir di Lampung, 9 Maret 1939.

Mendiang merupakan tokoh inspiratif bagi pengusaha muda, ataupun orang yang baru memiliki keinginan untuk membuka usaha.

Beliau Bob Sadino atau Bambang Mustari Sadino memulai karirnya menjadi seorang karyawan.

Setelah 9 tahun beliau bekerja dengan orang lain, akhirnya memutuskan untuk banting stir dan mencoba membuka usaha sendiri.

Usaha pertama yang beliau buka adalah, jasa penyewaan kendaraan, dengan bermodalkan mobil Mercedes dan kadang beliau supiri sendiri.

Namun usaha beliau tidaklah berjalan mulus, hal itu diakibatkan karena mobil yang beliau sewakan mengalami kecelakaan, dan terpaksa jasa penyewaan mobil berhenti.

Setelah usaha pertama gagal, apakah beliau putus asa? Tentu tidak, beliau tetap bekerja meskipun harus menjadi kuli proyek yang dibayar harian.

Ditengah kesibukan sebagai kuli, Bob Sadino memiliki ide untuk menjalankan sebuah bisnis kecil-kecilan, yaitu usaha peternakan ayam petelur.

Dimulailah usaha tersebut, dengan modal yang beliau dapatkan dari tetangganya.

Alhasil usaha beliau satu ini berhasil dan dapat berkembang pesat, beliau mencapai puncak kesuksesan dengan menambah menjual dagin dan bertani sistem hidroponik.

Dan beliau berhasil membuat Kem Chicks yaitu supermarket ternama yang menjual hasil peternakan dan pertanian.

Walaupun beliau sudah mencapai kesuksesan, tetapi sikap yang beliau tunjukan tetaplah sederhana. Bahkan beliau sering menjadi penjual secara langsung di supermarketnya.

2. Reza Nurhilman

Tokoh Pengusaha Indonesia Reza Nurhilman
kios.grab.com

Reza Nurhilman, pria berkelahiran Bandung berhasil meraup profit sebesar Rp. 7 Miliar dari penjualan keripik.

Mungkin bagi anda yang tidak mengetahui siapa itu Reza Nurhilman, tapi anda pasti mengetahui produk buatannya yang dikenal dengan “keripik setan” Maicih.

Produk kripik kemasan dengan rasa yang pedas, yang sempat viral di tahun 2010 silam berawal dari modal 15 juta saja namun profit yang dihasilkan sangat fantastis.

Saat itu beliau berumur 23 tahun, dan beliau berani menggandeng salah satu produsen kripik singkong di daerah Bandung.

Reza Nurhilman tidaklah membuat toko dalam kesuksesan menjual kripik, namun Reza menjual dagangannya melalui kanal Twitter.

Berkat usaha keras nya berpromosi di Twitter kala itu berbuah manis, banyak orang yang membeli kripik setan buatannya.

Walaupun sudah ramai penjualannya, dia tetap tidak membuat toko untuk usahanya, namun dia berpikir out of the box.

Bagaimana produknya bisa dijual secara eksklusif, terciptalah sistem penjualan yang asing yaitu menggunakan agen dalam penjualannya, dan agen tersebut berpindah-pindah.

Jika Reza Nurhilman bisa kenapa anda tidak?

3. Susi Pudjiastuti

Tokoh Pengusaha Indonesia Susi Pudjiastuti
kumparan.com

Siapa si yang tidak mengenal ibu Susi Pudjiastuti, mantan menteri kelautan dalam kabinet presiden Jokowi periode 2014-2019.

Ibu kelahiran 1965 ini terkenal akan ketegasannya dalam menjaga kelautan Indonesia pada masa jabatannya sebagai menteri kelautan.

Namun dibalik kesuksesan beliau ternyata ada kisah perjuangan yang mungkin tidak kita tau sebelumnya.

Beliau yang notabennya tidak lulus SMA saat itu, tapi beliau bisa mencapai kesuksesan saat ini bahkan bisa memiliki maskapai penerbangan sendiri.

Kisah beliau berawal sejak tidak melanjutkan sekolah, ibu Susi saat itu menjual berbagai pakaian dan bed cover.

Tetapi setelah beliau melihat potensi usaha di tempat tinggalnya di Pangandaran. Beliau mulaiencoba berkecimpung di dunia perikanan.

Hanya bermodalkan kira-kira Rp. 750 ribu beliau memulai membeli dan menjual kembali ikan dari pelelengan ikan.

Uang 750 ribu tersebut merupak modal yang dihasilkan dari menjual perhiasannya.

Tidak disangka dari modal segitu ibu Susi Pudjiastuti bisa menguasai pelelangan ikan di Pangandaran.

Bahkan sampai merambah diusaha ekspor ikan dan lobster.

Untuk menunjang pengiriman ikan yang terhambat akibat transportasi darat dan laut, ibu Susi membeli sebuah maskapai dari uang pinjaman bank.

Dan sampai saat ini maskapai penerbangan SUSI AIR berkembang dan melayani penerbangan rute pedalaman dan Carter/sewa.

Sebenarnya masih banyak tokoh inspiratif lainnya yang sukses didalam usaha dan bisnis. Saat ini juga sudah terdapat banyak situs yang membahas tentang peluang dan inspirasi bisnis, salah satunya adalah bisnisdulu.com.

Namun menurut saya 3 sosok diataslah yang mungkin bisa membantu anda untuk meningkatkan keyakinan dan semangat untuk sukses menjadi pengusaha.


Posted

in

by

Tags: