Makanan

Tips Memilih Semangka

Pinterest LinkedIn Tumblr

Kita semua pasti sepakat bahwa buah adalah makanan sehat yang bagus dan sangat diperlukan oleh tubuh. Ada bermacam-macam buah-buahan dan juga tentunya bermacam-macam kandungan gizi yang ada pada setiap buah tersebut.

Jika kita hitung, mungkin lebih dari ribuan jenis buah yang ada di dunia ini. Namun, ada beberapa buah yang sering kita jumpai khususnya di Indonesia yang merupakan daerah tropis. Salah satu buah yang popular di Indonesia adalah semangka.

Semangka merupakan buah yang memiliki bentuk bulat dan besar, kulit buahnya lumayan tebal, dan daging buahnya ada yang merah dan ada juga yang berwarna kuning. Tapi umumnya semangka yang dijual di pasaran adalah yang warna merah.

Rasa semangka juga sangat khas, memiliki rasa manis dan dingin segar akibat kandungan air pada daging buahnya ketika kita memakannya. Bagi Anda yang senang makan buah semangka, maka Anda harus kenali dulu semangka seperti apa yang kira-kira sudah matang sehingga rasanya manis.

Nah berikut ini kami akan berbagi tips memilih semangka yang manis dan segar yang dikutip dari Foodnesia sebagai website makanan terbaik di Indonesia:

Lihatlah Ruas yang Berwarna Hijau pada Semangka

tips memilih semangka
kumparan.com

Tips pertama cukup secara visual saja, yaitu dengan cara melihat ruas-ruas yang berwarna hijau. Jika ruas-ruas tersebut sudah berwarna hijau tua, maka bisa dipastikan semangka tersebut kondisinya sudah matang. Warna hijau yang semakin tua berarti semakin matang.

Lihat Bagian Bawah Semangka

tips memilih semangka
dream.co.id

Selanjutnya, untuk mengetahui apakah semangka sudah matang atau belum, maka Anda bisa melihat semangka bagian bawah (bukan bagian tangkai).

Pada bagian bawah ini, umumnya semangka memiliki bercak kuning atau putih yang berbentuk lingkaran. Warna ini dihasilkan karena semangka bersentuhan langsung dengan tanah, dan hal ini biasa disebut dengan Field Spot.

Jika warna kuning tersebut berwarna kuning tua dan juga lingkarannya lumayan besar, maka besar kemungkinan semangka tersebut sudah matang. Hal ini disebabkan karena pada saat masih ditanam, semangka ini mendapat cahaya matahari yang cukup.

Sebagai tambahan, hindari lah semangka yang mempunyai bercak berwarna putih. Karena kemungkinan semangka tersebut kurang mendapatkan cahaya matahari, sehingga semangkanya pun belum matang.

Lihatlah dan Cabutlah Tangkai di Ujung Atas Semangka

tips memilih semangka dengan melihat tangkai
liputan6.com

Tips selanjutnya yaitu dengan cara melihat tangkai semangka, apakah masih basah atau sudah kering. Jika sudah kering, maka berarti semangka tersebut sudah matang.

Kemudian bisa juga dengan mencabut tangkai semangka, jika tangkainya itu mudah lepas ketika dicabut, maka bisa dipastikan bahwa semangka tersebut sudah matang.

Nah jika hal seperti itu terjadi, Anda bisa beli dan bawa pulang semangka yang seperti ini.

Tebak Berat Semangka

hipwee.com

Selain berat karena ukurannya besar, semangka itu terkenal berat karena memang 90% kandungan buahnya adalah air. Maka dari itu, ketika Anda ingin membeli semangka, maka pilihlah semangka yang berat disbanding dengan semangka lain yang seukuran.

Ketuk Permukaan Buah Semangka

semangka
cpykami.ru

Kalau tips yang satu ini bisa dibilang susah-susah gampang. Kenapa? Karena akan susah bagi orang yang baru pertama kali, dan akan mudah bagi orang yang sudah sering memilih semangka.

Ketika kita mengetuk kulit buah semangka, maka akan menghasilkan bunyi. Jika bunyinya itu nyaring, maka kemungkinan besar semangka tersebut belum matang. Kemudian jika bunyinya agak dalam, maka kemungkinan semangka tersebut sudah matang.

Pilihlah Semangka Lokal Daripada Semangka Impor

wartabangka.com

Nah jika saat Anda ingin membeli semangka kemudian dihadapkan pada pilihan semangka lokal atau impor, maka pilihlah semangka lokal. Kenapa? Karena semangka lokal akan besar kemungkinan matang di pohon, sehingga rasanya pun manis dan segar. Berbeda dengan semangka impor, kemungkinan mereka memetik buah semangka sebelum matang, supoaya semangkanya bisa dikirim dalam waktu yang lama sampai buahnya matang.

Pilih Semangka yang Berwarna Merah Terang

tanimuda.com

Jika Anda ingin membeli semangka tapi semangka tersebut sudah dipotong-potong dan terlihat dengan jelas daging buahnya. Maka saran kami pilihlah semangka yang daging buahnya berwarna merah terang dan bijinya berwarna hitam gelap. Hindari memilih semangka yang daging buahnya berwarna merah pucat atau merah gelap dan bijinya berwarna putih, karena ini berarti semangkanya belum matang.

Hindari Membeli Semangka pada Musim Hujan Tips berikutnya yaitu ketika musim hujan. Jadi, pada saat musim hujan, pancaran sinar matahari ke bumi akan sangat kurang. Hal ini mengakibatkan buah semangka yang ditanam akan mendapatkan sinar matahari yang kurang, hingga akhirnya semangka pun susah matang sempurna.

Write A Comment