Wisata

Tips Berlibur Saat Pandemi

Pinterest LinkedIn Tumblr

Berlibur memang telah menjadi salah satu bagian kebutuhan dari seseorang guna membangun keseimbangan hidup.

Namun sayangnya, di saat pandemi Covid-19 seperti sekarang, membuat kawasan wisata banyak sekali yang ditutup untuk sementara sampai waktu yang tidak ditentukan.

Memasuki pada waktu adaptasi baru atau new normal, beberapa destinasi wisata juga telah mulai dibuka.

Namun perlu kalian catat, kegiatan pariwisata ini memiliki berbagai standar atau protokol kesehatan yang harus diikuti oleh setiap wisatawan yang datang.

Agar kegiatan berlibur kalian aman di masa pandemi seperti sekarang, maka kalian harus mengetahui beberapa tips berlibur yang aman saat pandemi seperti berikut ini:

1. Pastikan Badan dalam Kondisi Sehat

Sebelum kalian memutuskan untuk pergi liburan, kalian harus memastikan bahwa kalian serta anggota keluarga yang akan diajak dalam kondisi yang sehat.

Ketika kalian sedang sakit maupun badan memberikan sinyal keadaan yang kurang fit atau daya tahan tubuh cenderung menurun, sebaiknya tunda terlebih dahulu.

Hal tersebut karena dapat memudahkan beragam penyakit, termasuk virus Corona dapat masuk ke dalam tubuh selama liburan.

Pada beberapa destinasi wisata, khususnya untuk daerah berbeda, maka akan mewajibkan kalian guna melakukan rapid atau swab test sebelum berangkat.

Tak hanya guna memastikan kesehatan untuk diri sendiri, cara di atas juga dapat melindungi serta memutus kontak penularan penyakit.

2. Membawa Peralatan Pribadi

liburan di masa pandemi

Ketika hendak berlibur, pastikan jika kalian membawa berbagai peralatan pribadi.

Diantaranya seperti sikat gigi, handuk, tempat makan dan minum, baju ganti, dan lainnya.

Hal tersebut bertujuan untuk mencegah kemungkinan adanya penularan virus Corona yang ada pada barang.

Pastikan juga setiap anggota keluarga membawa barang kebutuhannya masing – masing.

3. Memilih Tempat yang Tak Ramai

Virus Corona ini lebih mudah menular pada kawasan yang tertutup serta dipadati oleh orang – orang.

Maka dari itu, memilih tempat wisata yang terbuka, luas, serta tidak terlalu ramai dapat menjadi opsi yang sangat direkomendasikan.

Beberapa tempat wisata dengan kriteria tersebut contohnya pantai, kebun teh, atua wisata alam agar kalian dapat menerapkan physical distancing dengan maksimal.

Jika kalian ingin liburan ke luar kota, maka hal pertama yang harus kalian perhatikan adalah data statistik terkait persebaran tinggi rendahnya kasus penyebaran virus Corona di kota tersebut.

Tak hanya itu saja, apabila kalian hendak menginap di hotel, pastikan hotel tempat kalian menginap juga telah menerapkan protokol kesehatan dengan baik dan benar.

4. Sedia Masker & Hand Sanitizer

Saat berpergian ke mana saja, wajib untuk kalian dalam mengenakan masker, walaupun kalian beserta orang – orang yang berada di sekitar nampak sehat.

Bawalah masker lebih dari 1 untuk sebagai cadangan.

Tak hanya itu, kalian juga penting untuk selalu membawa hand sanitizer, sebab tidak seluruh kawasan wisata menyediakan wadah guna mencuci tangan.

5. Tidak Makan di Restoran

cerita liburan di masa pandemi

Selama waktu berlibur, kalian sangat tidak disarankan bagi kalian untuk kulineran di restoran yang tertutup, sebab hal tersebut dirasa cukup riskan.

Jika ada restoran yang memiliki konsep luar ruangan, maka kalian dapat menjaga jarak antara satu sama lain untuk meminimalisir penularan virus.

Untuk beberapa rekomendasi tempat wisata lengkap dengan restoran konsep terbuka dapat kalian lihat di Keluyur.com

6. Tidak Memakai Fasilitas Publik

Untuk memilih lokasi wisata yang benar – benar privat mungkin memang akan lumayan sulit.

Jika kalian terpaksa untuk melakukan kegiatan berlibur di tempat publik, maka sebaiknya kalian tidak memakai fasilitas hiburan seperti wahana permainan.

Sebab bagaimana pun, wisatawan yang lain pastinya memiliki kontak dengan fasilitas tersebut.