Wisata

Telaga Sunyi

Pinterest LinkedIn Tumblr

Tempat wisata ini dulunya sering dijadikan sebagai tempat bertapa guna mendapatkan ketenangan dan tentunya ilmu kebatinan.

Namun saat ini Telaga Sunyi merupakan destinasi wisata alam yang wajib didatangi bila berkunjung ke Banyumas, Jawa tengah.

Lokasinya pun berjarak tidak jauh dengan wisata Baturaden yang sudah sangat terkenal, hanya sekitar 2, km. Seindah apa sih Telaga Sunyi Banyumas ini? mari kita telusuri bersama.

Daya Tarik Telaga Sunyi

Telaga Sunyi

Menghabiskan waktu liburan dikota tentu saja sudah biasa, namun dengan berlibur ke wisata alam, baru sesuatu yang menyenangkan.

Keindahan panorama alam yang menawan dengan rimbunya pohon damar dan pohon pinus menjadi kelebihan tersendiri dari tempat wisata ini. Berikut hal-hal menarik dari Telaga Sunyi.

Mitos

Bila kamu berkunjung ke Telaga Sunyi, kamu dilarang untuk berkata kotor. Menurut kepercayaan masyarakat sekitar, kamu akan didorong jatuh hingga ke dasar sungai bila melanggarnya.

Ada juga beberapa mitos seperti pasangan yang berkunjung ke Telaga Sunyi akan berpisah. Namun terlepas dari segala mitos ini, Telaga Sunyi sangat cocok dimanfaatkan untuk menghabiskan waktu liburan kamu.

View Alam

Bagi kamu yang biasa hidup dikota tentu saja tidak bisa menemukan wisata indah seperti ini.

Pemandangan alam yang masih asri dan kejernihan air terjun dari mata air lereng gunung Slamet dapat memberikan rileksasi tersendiri.

Sehingga penat selama berada di kota otomatis tergantikan dengan suasana yang fresh dan menenangkan.

Berenang

Air yang sangat jernih dan berwarna biru tosca ini memiliki kedalaman sekitar 3 meter. Sangat cocok untuk kamu yang hobi berenang maupun bermain air.

Banyak biota air tawar yang hidup di dalam Telaga Sunyi ini. Sehingga dengan air yang sangat jernih, kamu bisa menikmati panoramanya meski dari atas sekalipun.

Namun ketika cuaca mendung atau tidak mendukung lainnya, pihak pengelola akan melarang kamu untuk berenang ditempat ini sesuai dengan peraturan yang ada.

Fasilitas Telaga Sunyi

Ketika kamu sudah kelelahan bermain air, kamu dapat menikmati fasilitas yang ada. Berikut ini fasilitas yang disediakan untuk para pengunjung,

  • Mushola.
  • Kamar mandi.
  • Tempat makan.
  • Tempat parkir.
  • Tempat istirahat.

Tips Berlibur ke Telaga Sunyi

Untuk kamu yang ingin berlibur ke tempat wisata alam ini, mungkin beberapa tips berikut dapat menjadikan liburan kamu menjadi lebih asik dan mengesankan tentunya.

  • Pastikan dalam kedaan prima agar dapat bermain air dengan puas seharian.
  • Bawa pakaian ganti.
  • Untuk menghemat bisa bawa bekal sendiri, namun jangan lupa untuk selalu membuang sampah pada tempatnya.

Rute Perjalanan dan Lokasi Wisata Alam Telaga Sunyi

Telaga Sunyi ini berada di desa Limpakuwus, kecamatan Sumbang dan termasuk dalam Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Apabila kamu dari kota Purwokerto, cukup menempuh perjalanan sekitar 30 menit dengan rute yang searah dengan Baturaden.

Sepanjang perjalanan kamu akan disuguhi berbagai macam pemandangan yang dapat menyejukan pikiran dan tentunya instagramable.

Harga Tiket Masuk Telaga Sunyi

Untuk kamu yang ingin menikmati keindahan alam Telaga Sunyi, cukup membayar Rp.10.000 untuk tiket masuknya dan parkir kendaraan roda dua Rp.2.000.

Dengan harga tiket masuk yang sangat murah ini kamu sudah dapat menikmati kejernihan air dan pemkamungan alam hingga puas.

Air yang sangat jernih bahkan dapat melihat dasarnya pun menjadikan Telaga Sunyi cocok bagi kamu yang ingin bermain air maupun menenangkan pikiran.

Write A Comment