4 Rekomendasi Situs Shortlink Terbaik dan Gratis

4 Rekomendasi Situs Shortlink Terbaik dan Gratis

Ingin membagikan link ke teman melalui media sosial? Sayangnya link yang akan kamu bagikan terlalu panjang dan melebihi jumlah karakter yang dianjurkan. Untuk itu, kamu memerlukan cara untuk mempersingkat atau memperpendek link menggunakan situs shortlink terbaik sehingga bisa kamu share ke temanmu.

Cara untuk memperpendek link atau URL sangat mudah. Ada banyak situs shortlink yang menawarkan layanan untuk membuat link menjadi lebih pendek. Jadi, URL tersebut tidak sampai melebihi batas karakter yang dianjurkan.

Daftar Situs Shortlink Terbaik dan Gratis

arahlink

Shortlink atau Short URL adalah situs yang memudahkanmu untuk memperpendek URL tanpa harus mengubah apa pun yang muncul pada halaman. Jadi, meskipun link yang kamu bagikan nanti lebih dipersingkat, namun isinya pun akan tetap sama. Kira-kira apa saja situs shortlink tersebut?

1. Arahlink

logo arahlink

Rekomendasi yang pertama situs shortlink terbaik adalah Arahlink. Arahlink merupakan salah satu situs terbaik yang akan mempersingkat serta menghitung kunjungan link yang kamu bagikan. Situs ini menawarkan layanannya secara gratis sehingga siapapun bisa mengunjungi dan mempersingkat link melalui Arahlink.

Bukan sekadar memperpendek URL saja, ternyata kamu akan memperoleh penghasilan ketika pengunjung mengklik link yang kamu bagikan. Selain itu, kamu juga bisa mengontrol serta melacak semua link tersebut melalui panel administrasi yang tampilannya mudah dimengerti.

Dengan kata lain, Arahlink bukan hanya sekadar membuatmu bisa memperpendek URL. Kamu juga bisa mendapatkan uang jika ada orang yang mengklik link yang kamu bagikan. Semakin banyak orang yang mengkliknya, semakin besar pula penghasilan yang bisa kamu dapatkan.

2. Bitly

Bitly juga termasuk situs yang bisa kamu pilih untuk mempersingkat link dan merupakan salah satu situs yang populer saat ini. Kelebihan Bitly adalah pengguna tidak harus membuat akun untuk bisa mengakses layanan dari situs tersebut.

Selain itu, kamu juga dapat memperpendek URL sebanyak yang kamu inginkan. Meskipun begitu, jika ingin mendapatkan layanan berupa analisis serta monitor data, maka sebaiknya kamu membuat akun terlebih dahulu.

Setelah berhasil memperoleh akun, kamu bisa memperoleh beberapa fitur penunjang. Misalnya kustomisasi URL sampai melacak CTR. Link yang kamu buat pun akan dilindungi enkripsi HTTPS sehingga aman terhadap virus atau orang-orang yang ingin mengubah tujuan URL tersebut.

3. TinyURL

Kemudian ada situs shortlink yang ketiga yaitu TinyURL. Situs yang sudah berdiri sejak 2002 ini merupakan pelopor short URL. Sampai sekarang masih banyak orang yang mempercayakan linknya melalui TinyURL meskipun tidak menawarkan fitur sebanyak yang ada di situs shortlink lainnya.

URL yang kamu perpendek menggunakan TinyURL tidak akan kadaluarsa. Jadi, link tersebut tersedia selamanya serta kamu dapat menggunakan sepuasnya tanpa perlu khawatir mengalami broken link.

Selain berfungsi untuk mempersingkat link, dengan mengunjungi website TinyURL, kamu juga bisa mempersingkat URL lewat toolbar browser secara langsung. Kamu tinggal drag and drop link di situs TinyURL menuju toolbar websitemu.

4. Rebrandly

Situs selanjutnya yang juga biasanya dipilih untuk memperpendek link adalah Rebrandly. Ini merupakan salah satu situs pilihan untuk kustomisasi link sesuai nama brand yang kamu miliki. Pada situs ini, kamu dapat membuat nama domain sendiri yang selanjutnya akan kamu terapkan di setiap link.

Rebrandly juga menawarkan fitur yang lainnya, misalnya analytics serta fitur untuk mengubah URL menjadi QR Code. Akan tetapi, kamu perlu berlangganan dengan biaya $29 per bulan.

Yuk, Coba Situs Shortlink Terbaik Sekarang Juga!

Itulah beberapa pilihan situs shortlink terbaik dan gratis, termasuk Arahlink. Masih ada beberapa situs yang lain. Namun, keempat situs di atas termasuk yang populer sampai sekarang. Semoga bermanfaat.

,