Pendidikan

Deretan Sejarah Uang di Indonesia, Sampai Akhirnya Pakai Rupiah

Pinterest LinkedIn Tumblr

Mata uang Indonesia yang kita kenal saat ini, tentunya telah mengalami sederetan sejarah panjang hingga akhirnya dijadikan sebagai mata uang negara Indonesia.

Dahulunya masyarakat Indonesia masih menggunakan koin emas dan perak sebagai mata uang sebelum adanya uang kertas seperti sekarang.

Agar lebih jelas, disini kami akan memberikan ulasan lengkap mengenai sejarah uang di Indonesia. Yuk, langsung saja simak selengkapnya disini.

Sejarah Uang di Indonesia Dari Dulu Hingga Sekarang

sejarang uang indonesia dari dulu
qurrotaayun029dhe.files.

Kira-kira, kapan pertama kali negara kita menggunakan mata uang sebagai metode pembayaran?

Seperti yang kita tahu, bahwa dahulunya bangsa Indonesia menggunakan sistem barter atau barang tukar barang untuk mendapatkan sesuatu sebelum mereka mengenal mata uang.

Ada beberapa macam metode pembayaran yang pernah digunakan di tanah air, selengkapnya silakan simak beberapa periode tahun berikut ini:

1. Tahun 800-1600

Pada periode tahun tersebut ternyata bangsa Indonesia sudah mengenal mata uang berupa koin emas dan perak sebagai alat pembayaran.

Melalui koin pertama yang ditemukan ternyata diketahui berasal dari abad ke-9 sampai 12, yaitu pada masa dinasti Syailendra.

Di akhir abad ke 13, kerajaan Majapahit kedatangan pedagang dari Cina yang menggunakan koin tembaga sebagai alat pembayaran saat itu.

Gambar uang koin tembaga:

https://1.bp.blogspot.com/

2. Tahun 1600-1942

Tepatnya pada saat orang-orang Eropa yang mulai berdatangan ke Indonesia, sehingga mata uang yang digunakan pada saat itu yaitu mata uang Belanda.

Namun kemudian mereka mengalami krisis pasokan timah yang digunakan sebagai material produksi koin tembaga, sehingga di tahun 1724 perusahaan memproduksi koin tembaga sendiri.

Barulah uang kertas muncul untuk pertama kalinya di tahun 1752, tapi pada tahun 1802 Republik Batavia justru mengeluarkan mata uang sendiri menggunakan koin gulden perak.

3. Tahun 1942-1945

Bagaimana cerita sejarah uang di Indonesia pada zaman kemerdekaan?

Tepatnya di tahun 1942, Jepang menerbitkan uang kertas sebagai alat pembayaran pada masa itu.

Hingga tahun ini, Indonesia memang masih belum mempunyai mempunyai mata uangnya sendiri.

Namun menginjak tahun 1944, Jepang mencetak uang dalam versi bahasa Indonesia yang dipakai oleh pemerintah Indonesia hingga tahun 1946 sebelum pemerintah bisa mencetak sendiri.

Sehingga lahirnya mata uang rupiah dimulai pada tahun 1945.

6. Tahun 1965-1991

Meskipun Indonesia sudah berhasil mencetak uang sendiri, namun ternyata tidak berjalan mulus karena adanya inflasi besar-besaran di periode tahun ini.

Dikutip dari Selasar.com, kekacauan yang memuncak di tahun 1965 tersebut menyebabkan indeks harga bahan pokok naik drastis karena inflasi yang mencapai 600%.

Hal itu berakibat nominal baru rupiah yang ditambahkan di tahun 1970, di mana BI menambahkan nominal Rp 5.000 dan Rp 10.000 untuk uang kertas yang baru.

7. Rupiah Saat Ini

sejarah rupiah indonesia
https://upload.wikimedia.org/

Hingga saat ini rupiah masih terus mengalami perkembangan, dengan dikeluarkannya produk atau desain rupiah terbaru.

Bahkan ada beberapa nominal rupiah yang sudah dihentikan produksinya, seperti Rp 100 kertas dan Rp 500 kertas.

Sementara untuk seri pecahan uang terbaru yang kita kenal dan gunakan saat ini adalah keluaran tahun 2016.

Tepatnya pada tanggal 19 Desember 2016 Bank Indonesia meluncurkan uang koin dan uang kertas rupiah yang saat ini masih digunakan.

Nah itulah informasi mengenai rentetan sejarah panjang mata uang di Indonesia secara lengkap.

Write A Comment