Rangkaian Persiapan Acara Lamaran

cincin lamaran pernikahan

Pernikahan adalah sebuah momen bahagia yang ditunggu-tunggu oleh setiap pasangan. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan untuk melangsungkan sebuah acara pernikahan.

Dimulai dari mempersiapkan pernikahan, memilih katering yang rasanya mendunia, membuat gaun pengantin, memilih make up dengan hasil paling baik, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tetapi biasanya sebelum melangsungkan pesta pernikahan, setiap pasangan tersebut akan menggelar prosesi lamaran atau semacam pertunangan.

Hal ini sudah menjadi budaya yang tidak asing lagi di negara kita khususnya. Prosesi tunangan atau lamaran ini disesuaikan dengan adat dari daerah asal calon pengantin, tetapi bila tidak ada acara lamaran atau tunangan ini juga tidak masalah.

7 Rangkaian Persiapan Acara Lamaran Pernikahan

persiapan lamaran pernikahan

Tetapi bagi anda yang akan melangsungkan acara pernikahan, dan dimulai dengan acara lamaran dahulu maka sebaiknya anda menabung dari jauh-jauh hari.

Walaupun dana untuk acara lamaran lebih sedikit dibanding acara pernikahan itu sendiri, tapi tidak ada salahnya bila anda menyiapkan dananya terlebih dahulu. Berikut tips dan cara menyiapkan dan mendapatkan dana untuk acara lamaran :

1. Pilih Lokasi Acara Lamaran

Secara umum lokasi acara lamaran yaitu dengan menggunakan rumah calon pengantin wanita. Walaupun ada beberapa orang yang memilih gedung, agar acara tersebut menjadi lebih berkesan.

Bila acaranya diadakan di rumah, maka acara akan berlangsung dengan sederhana saja. Apalagi mayoritas orang yang hadir saat itu hanyalah keluarga dari kedua belah pihak.

2. Katering

Dalam mengadakan acara apapun, konsumsi tentu menjadi yang utama. Sehingga anda juga perlu menyiapkan katering untuk menyajikan makanan untuk para tamu.

Anda bisa menggunakan jasa katering, atau bisa juga hanya memasak sendiri oleh pihak keluarga atau tetangga. Keduanya tetap bisa menjadi pilihan yang tepat.

3. Mencetak Undangan

Undangan lamaran juga terkadang digunakan untuk acara lamaran, undangan ini tak hanya untuk acara pernikahannya saja. Namun undangan itu biasanya ditujukan untuk keluarga atau saudara yang tinggal jauh, misalnya di luar kota atau luar negeri.

Bila ingin mengundang sebagian warga, biasanya hanya menggunakan undangan secara lisan saja sebagai formalitas.

4. Biaya Adat Atau Tradisi

Setiap suku yang ada di Indonesia memiliki jenis adat yang berbeda-beda, misalnya pada suku Betawi yang akan membawa seserahan pada calon penganti wanita yang berupa parcel makanan,.

Beberapa jenis barang pecah belah, uang yang dibingkai atau dihias, dan lain sebagainya.
Biasanya biaya untuk adat ini disiapkan oleh keluarga dari pihak pria saja.

5. Pakaian

Tentu pakaian juga menjadi salah satu poin utama dalam menyiapkan acara lamaran. Anda bisa memilih pakaian kebaya yang sederhana saja, atau setelan jas untuk calon penganting pria.

Ada banyak pilihan untuk pakaian yang akan dikenakan ini. Selain calon pengantin, biasanya pihak keluarga juga akan membuat seragam khusus dengan warna senada.

6. Wedding Organizer

Bagi sebagian besar pasangan yang memilih untuk tidak menggunakan acara lamaran tradisional, dan lebih memilih acara pertunangan ala barat yang modern biasanya akan menggunakan jasa wedding organizer.

Agar acara lamaran tersebut dapat terealisasi dengan baik, tanpa harus dipusingkan dengan tetek bengek persiapan yang memusingkan.

7. Cincin Pertunangan

Cincin adalah simbol dari ikatan sebuah hubungan, baik itu hubungan pertunangan atau pernikahan.

Sebagian dari pasangan tersebut, akan menggunakan cincin yang berbeda untuk pertunangan dan pernikahan.

Beberapa hal tersebut adalah tetek bengek yang harus anda persiapkan ketika akan menggelar acara lamaran, namun semuanya tergantung pada selera dan keinginan anda dan pasangan.