Teknologi

Pengertian Web Server

Pinterest LinkedIn Tumblr

Mungkin dari sebagian dari kamu masih banyak yang belum mengerti tentang apa itu pengertian web server. Sehingga dari sebagian kamu pasti akan ada yang bertanya-tanya hingga mencari informasi melalui internet.

Nah, khususnya untuk kamu nih, yang belum tahu tentang apa itu pengertian dari web server, maka kali ini kami akan menjelaskan berbagai hal tentang web server. Mulai dari pengertian, fungsi, hingga jenis-jenis server yang ada sampai saat ini. Supaya kamu bisa lebih tahu, yuk baca ulasan dibawah ini hingga sampai selesai ya.

Pengertian Web server

Web server merupakan jenis software perangkat lunak yang biasa digunakan untuk memberikan layanan berupa data melalui internet.

Untuk cara kerjanya sendiri yakni mampu menerima permintaan pada sebuah protokol HTTP atau HTTPS dari klien atau web browser (Mozilla Firefox, Google Chrome) yang ada pada sebuah internet.

Adapun sistem kerjanya yakni akan mengirim respon sesuai permintaan klien dengan bentuk halaman web yang berisi data-data atau informasi penting lainnya.

Perlu kamu ketahui nih, bahwa web server saat ini memiliki peran yang penting khususnya untuk pengguna dunia internet dan masih masih lagi.

Fungsi Web Server

Fungsi utama dari web server adalah untuk melakukan pengiriman data berdasarkan permintaan user pengguna melalui sebuah protokol komunikasi.

Adapun data-data yang dikirim oleh web server yakni bisa berupa sebagai fail diantaranya seperti teks, video, gambar, dan masih banyak lagi.

Manfaat lain yang di dapat dari web server yakni kamu bisa mengakses berbagai informasi dengan mudah dan cepat.

Adapun cara mengaksesnya kamu bisa memasukan link atau URL di halaman browser HP atau PC. Ketahuilah juga apa itu URL?

Jenis-Jenis Web Server

Perlu kamu ketahui, bahwa web server terbagi menjadi beberapa jenis yang umum dipakai untuk menyimpan data, serta informasi penting lainnya sesuai kebutuhan di internet.

Adapun jenis-jenis dari web server tersebut adalah sebagai berikut ini.

1. Web Server Apache

Web server Apache merupakan web server yang banyak digunakan oleh kebanyakan orang, karena jenis web server Apache memiliki desain yang didukung oleh beberapa sistem operasi UNIX.

Sehingga jenis web server ini sangat mudah banget untuk digunakannya, terutama dalam hal pembuatan web Aplikasi.

Selain itu jenis web server Apache juga memiliki layanan yang sangat lengkap diantaranya seperti PHP, SSI dan kontrol akses.

Sehingga jenis web server Apache ini sangat aman, nyaman dan cepat banget untuk digunakan sesuai keperluan.

Nah, kamu jika ingin memilih web server, coba gunakan jenis web server ini dan rasakan perbedaanya.

2. Web Server Nginx

Web server Nginx merupakan salah satu web server yang mampu bersaing dengan jenis web server Apache. Sebab jenis server ini dapat menampung lalu lintas atau traffic yang tinggi.

Salah satu kelebihan dari jenis web server Nginx sendiri sangat ringan dan memiliki banyak fitur serta enak banget digunakan.

Untuk fitur yang tersedia di Web server Nginx ini ada beberapa diantaranya seperti URL rewriting, virtual host, file serving, reverse proxying, access control, dan masih banyak lagi.

3. Web Server IIS

Web server IIS atau yang dikenal dengan Internet Information Services, merupakan jenis web server yang dapat beroperasi di jenis protokol seperti DNS, TCP/IP, atau di software lainnya.

Untuk tujuan atau kegunaan dari web server IIS yakni untuk merangkai pada sebuah situs-situs.

4. Web Server Lighttpd

Mungkin jenis Web server Lighttpd ini terdengar masih terbilang asing, karena berdasarkan faktanya jenis server ini masih terbilang baru.

Web server Lighttpd merupakan web server dengan berbasis open source, yang di dukung oleh beberapa sistem Linux dan UNIX.

Jenis web server ini memiliki beberapa kelebihan salah satunya yakni tersedia fitur-fitur seperti FastCGi, Output-Compression, FastCGi, dan URL Writing.

Sehingga jenis web server tersebut sangat cepat banget untuk digunakan. Nah, bagi kamu yang ingin memiliki web server yang cocok dan baik, kamu bisa menggunakan jenis web server tersebut, dan cobain bedanya.

Nah, itu dia penjelasan tentang pengertian Web server beserta fungsi dan jenis-jenisnya.

Saran kami apabila kamu ingin mencoba web server yang sangat aman, nyaman dan nyebut digunakan.

Coba gunakan web server seperti Apache, Nginx, Lighttpd. Karena kami juga menggunakan salah satu web server tersebut.

Selanjutnya, silahkan kamu coba dan rasakan bedanya sendiri ya.