Teknologi

Pengertian RAM

Pinterest LinkedIn Tumblr

Teruntuk kamu atau siapapun yang saat ini baru belajar mendalami soal komputer, penting mengetahui soal keberadaan RAM pada perangkat tersebut.

Kenapa? Karena RAM merupakan komponen penting yang ada di dalam perangkat komputer dan laptop.

RAM ini digunakan pada bidang teknologi sebagai tempat penyimpanan data pada komputer dan laptop.

Tanpa adanya RAM, maka kinerja komputer dan laptop tidak akan sempurna.

Jika benar ingin mendalami bidang komputer, setidaknya kamu harus mengetahui dulu pengertian RAM dan fungsi secara umumnya.

Berikut ini ada beberapa ulasan yang sudah kami rangkum dari winstrix, selaku situs web yang membahas seputar teknologi.

Pengertian RAM Secara Menyeluruh

Pengertian RAM yang harus kamu ketahui ialah sebagai hardware yang ada di dalam komputer. Fungsinya sebagai media penyimpanan seluruh data dan beragam suruhan program.

Apakah isi RAM ini bisa kita akses? Jawabannya, tergantung dari pengaturan penempatannya.

Perlu diketahui, data yang ada di dalam RAM bisa hilang disaat komputer dalam keadaat mati atau sumber arus listrik dicabut dari perangkat.

Perlu diketahui juga, kapasitas RAM yang ada pada komputer sangat berpengaruh terhadap kinerja komputer tersebut. Misal dari proses membuka data, melakukan penyimpanan data dan menjalankan program akan terasa cepat.

Jika kamu mempunyai komputer yang kinerjanya kurang begitu cepat, hal itu bisa dipastikan dari kapasitas RAM yang kurang mumpuni.

Setelah mengetahui pengertian RAM secara menyeluruh, alangkah baiknya kamu juga harus mengetahui fungsi RAM secara umum.

Berikut penjelasannya.

Fungsi RAM Secara Umum

Seperti yang sudah dikatakan di atas, bahwa RAM ini berfungsi sebagai media penyimpanan dan untuk membaca seluruh data yang ada pada perangkat komputer.

Sampai di sini, mudah dimengerti? Jika belum, berikut penjelasan lengkapnya.

Membaca Data

Jadi penjelasan mengenai membaca data itu seperti ini. Semua informasi data yang disimpan pada harddisk bisa dibuka dan proses pembukaannya cepat. Ini merupakan peran dari RAM.

Lantas, bagaimana cara mengetahui RAM yang bagus itu seperti apa? Mudah kok, kamu hanya perlu melakukan tes uji RAM SSD dan RAM biasa.

Coba saja kamu bandingkan RAM biasa dengan RAM yang bagus seperti SSD, kira-kira kecapatan loading dari kedua RAM tersebut mana yang paling unggul.

Penyimpanan Sementara

Untuk fungsi RAM lainnya adalah, sebagai media penyimpanan data sementara ketika kamu sedang menjalankan program pada komputer.

Teorinya begini, ketika kamu sedang mengerjakan suatu pekerjaan atau tugas kampus, maka komputer yang digunakan akan menyimpan data tersebut yang sifatnya sementara.

Tapi jika menginginkan data tersebut tersimpan secara utuh dan tidak akan hilang, kamu harus menyimpannya secara permanen. Hal ini agar mencegah dari hal-hal yang tidak diinginkan, salah satu contohnya seperti kehilangan data.

Berikut ini ada beberapa jenis RAM yang perlu kamu ketahui.

Jenis RAM Komputer/Laptop

Perlu diketahui, RAM terbagi menjadi 6 jenis. Masing-masing dari jenis RAM tersebut mempunyai kelebihan dan fungsinya sendiri. Diantaranya seperti:

D RAM

D-RAM atau biasa disebut Dynamic RAM merupakan jenis RAM yang disegarkan CPU secara berkala. Hal ini berguna untuk melindungi seluruh data yang ada di dalamnya.

SD RAM

Sebenarnya SD RAM ini merupakan lanjutan dari D-RAM, yang mana SD RAM ini sudah mengalami perubahan oleh clock system.

Menurut ulasan dari orang-orang yang menggunakan SD RAM, ternyata kecapatannya lebih unggul dibandingkan dengan D-RAM.

DDR RAM

DDR RAM merupakan jenis RAM dengan teknologi lanjutan dari SD RAM. Jenis RAM ini mempunyai generasi terbarunya, diantaranya seperti DDR2 dan DDR3. Kemungkinan akan ada generasi baru untuk jenis RAM ini.

RDR RAM

RDR RAM ialah jenis RAM yang sistem kerjanya lebih unggul dan cepat. Harga dari jenis RAM ini lebih mahal bila dibandingkan dengan SD RAM.

Umumnya, RDR RAM digunakan pada perangkat komputer yang sistem operasinya menggunakan pentium 4.

S RAM

S-RAM merupakan jenis RAM yang fungsinya bisa menyimpan data tanpa harus melakukan penyegaran. Perlu diketahui, S-RAM merupakan jenis RAM yang kinerjanya lebih cepat dari D-RAM dan SD RAM.

EDO RAM

EDO RAM merupakan jenis RAM yang dipakai oleh perangkat sistem operasi Pentium. Biasanya jenis RAM seperti ini bisa memproses penyimpanan dan mengambil data dalam waktu yang bersamaan.