Teknologi

Cara Membagi 2 Layar Laptop

Pinterest LinkedIn Tumblr

Mungkin pada beberapa waktu atau kegiatan tertentu, kamu membutuhkan dua buah aplikasi yang tampil di layar secara bersamaan.

Hal ini juga sangat memudahkan kamu seperti halnya ketika perlu melihat perbandingan yang ada di dalam kedua aplikasi.

Dengan ini, maka kamu tidak usah kerepotan untuk membuka dan menutup kedua aplikasi tersebut secara berulang-ulang.

Nah jika kamu belum tahu tentang cara untuk membuatnya, maka tidak usah khawatir. kamu bisa memahami informasi mengenai cara membuat layar laptop menjadi 2 bagian di dalam artikel satu ini.

Tidak perlu bingung dengan versi Windows yang kamu gunakan, karena di bawah ini tim dari Gawainesia akan menjelaskan cara melakukannya pada versi Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, dan Windows 10.

Membuat Layar Laptop Menjadi 2 Bagian di Windows 7

Cara pertama yang akan dijelaskan adalah cara untuk membuat layar laptop menjadi 2 bagian pada Windows 7.

Jika dibandingkan dengan versi Windows yang lain, metode pada Windows 7 ini lebih mudah untuk dilakukan.

kamu juga tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan, karena kamu bisa menggunakan fitur snap screen di Windows 7 dengan cara sebagai berikut ini.

  • Langkah pertama, kamu dapat membuka 2 aplikasi yang akan digunakan. Namun syarat dari aplikasi yang akan dibuka tersebut, yakni bisa digunakan secara Window mode.
  • Kemudian klik pada jendela salah satu aplikasi, tahan dan seret pada bagian pojok kiri layar hingga muncul efek berupa aero glass. Lalu lepaskan aplikasi tersebut.
  • Setelah itu, kamu bisa melakukan hal yang sama pada aplikasi yang lain. Namun letakkan aplikasi tersebut pada bagian pojok kanan layar.
  • Selesai, dalam layar laptop kamu sudah ada dua jendela aplikasi yang bisa digunakan secara bersamaan.

Membuat Layar Laptop Menjadi 2 Bagian di Windows 8

Metode yang akan dijelaskan selanjutnya, yakni cara untuk membuat layar laptop pada Windows 8 menjadi 2 bagian.

Hampir sama seperti metode pada Windows 7, kamu juga tidak perlu menggunakan tambahan aplikasi apapun. kamu hanya perlu memanfaatkan fitur bawaan dari Windows 8, yakni Switcher dengan tahapan yang harus dilakukan di bawah ini.

  • Tahap pertama, kamu perlu membuka 2 buah aplikasi yang akan digunakan. Kedua aplikasi tersebut harus bisa dijalankan dalam Windows mode.
  • Kemudian, kamu dapat membuka Switcher yang ada pada Windows 8 di laptopmu.
  • Setelah itu, kamu perlu mengklik pada salah satu aplikasi dan arahkan kursor ke arah tengah atas layar sampai ikon kursor tersebut bergnti menjadi gambar tangan.
  • Lakukan klik lalu tahan mouse ketika kursor sudah berganti menjadi tangan pada sisi layar. Ketika sudah muncul sebuah tanda berupa snap, maka lepaskan mouse yang kamu tekan.
  • Lalu kamu bisa kembali lagi ke Switcher, dan arahkan aplikasi yang satunya lagi pada sisi sebelah aplikasi yang pertama.

Membuat Layar Laptop Menjadi 2 Bagian di Windows 8.1

Ternyata kamu juga bisa membuat layar pada Windows 8.1 menjadi 2 bagian. Akan tetapi, cara yang perlu kamu lakukan sedikit lebih rumit dari cara yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Jadi kamu perlu menyimak semua tahapan yang akan dijelaskan dengan teliti agar tidak ada kesalahan. Langsung saja, bagi para pengguna Windows 8.1 bisa mengikuti beberapa tahapan yang ada di bawah ini.

  • Langkah pertama, kamu bisa membuka aplikasi pada Windows Store yang kamu inginkan.
  • Ketika aplikasi sudah terbuka, maka klik lalu tahan pada bagian atas jendela aplikasi tersebut ke arah kanan sampai membentuk sebuah ukuran.
  • Jika sudah ada di bagian kanan, kamu bisa melepaskan aplikasi yang satu ini.
  • Setelah itu, masuklah ke Desktop dan bukalah aplikasi yang lain.
  • Nantinya, aplikasi yang kamu buka pada kali kedua ini, akan tampil di bagian sebelah kiri dari aplikasi yang tadi sudah kamu atur.

Membuat Layar Laptop Menjadi 2 Bagian di Windows 10

Metode terakhir yang akan dijelaskan dalam artikel ini, adalah cara untuk membuat layar pada Windows 10 menjadi 2 bagian.

Windows 10 memang sudah diciptakan dengan banyak kelebihan dari beberapa versi Windows yang sebelumnya.

Salah satu fitur yang paling menguntungkan dari Windows 10 adalah multitasking. Berikut tahapan pembuatan layar menjadi 2 bagian di Windows 10.

  • Pertama, kamu perlu masuk ke dalam Pengaturan atau Setting Windows dan klik pada menu System.
  • Pada menu System, kamu akan menemukan beberapa fitur yang bisa digunakan. Nah, pilihlah fitur yang bernama Multitasking, lalu ubah menjadi On pada bagian Snap Windows.
  • Nah, kamu sudah bisa membuka salah satu aplikasi yang diinginkan.
  • Lalu seret aplikasi tersebut pada sisi kiri atau kanan layar.
  • Ketika kamu membuka aplikasi yang kedua, secara otomatis aplikasi itu akan berada pada bagian samping aplikasi yang satunya.

Ketika kamu sudah membaca dan memahami cara membuat layar laptop menjadi 2 bagian pada Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, dan Windows 10 di atas, maka kamu sudah tidak bingung jika perlu melihat dua aplikasi secara bersamaan. Selamat mencoba!

Write A Comment