Makanan

Kue Rangai

Pinterest LinkedIn Tumblr

Halo food lovers, kali ini kami akan membahas makanan khas daerah Bangka Belitung dan Banjarmasin yaitu Kue Rangai. Langsung saja kita bahas di bawah ini.

Apa itu Kue Rangai?

Kue Rangai adalah makanan khas Banjarmasin dan Bangka Belitung, di bangka belitung Kue Rangai ini merupakan salah satu makanan rumahan yang sering dihidangkan sebagai makanan ringan dirumah-rumah orang Melayu Bangka Belitung. Sedangkan di Banjarmasin

Sejarah Kue Rangai

Di Pulau Bangka, ada juga yang menyebut Kue Rangai dengan Kue Rangi. Di Bangka Barat, kue ini dikenal dengan Tompek Ambor. Sebagai kue tradisional. Seiring berjalannya waktu, saat ini masyarakat lebih sering memakai tepung sagu yang terbuat dari singkong atau tapioka yang banyak dijual di dalam kemasan. Selain tepung sagu, untuk membuat kue Rangai juga dibutuhkan kelapa parut dan gula aren sebagai bahan isian.

Tanaman aren atau biasa disebut kabung oleh masyarakat Bangka Belitung banyak dijumpai di tumbuh di hutan-hutan Bangka Belitung. Kelapa merupakan tanaman yang juga banyak tumbuh di Pulau Bangka dan banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Bangka Belitung baik untuk membuat makanan maupun untuk pengobatan. Untuk membuat Kue Rangai, kelapa yang dibutuhkan adalah kelapa muda.

Kue Rangai Ada Terdapat di Mana saja?

Siapa yang tidak tahu Kue Rangai atau nama lainnya tompek ambor (Bangka Barat). Makanan ini tidak hanya menjadi makanan khas Bangka saja, karena dibeberapa daerah di Indonesia juga memiliki makanan tradiaonal ini, sebut saja di Banjarmasin-Kalimantan dan Betawi-Jakarta.

Di Banjarmasin kue ini dikenal dengan sebutan wadai rangai dan dikenal juga sebagai oleh-oleh khas dari Banjamasin, kue wadai rangai sering disajikan saat acara adat atau pun acara formal.

Namun yang menjadi menarik adalah kekhasan dalam pengolahan makanan tradisonal tersebut, karena setiap daerah pasti memiliki cara tersendiri dalam pengolahannya.

Kue Rangai Terbuat Dari Apa?

blibli.com

Kue ini umumnya menggunakan bahan kue dari tepung beras, kelapa parut dicampur bumbu khusus hingga membuat rasa nya semakin gurih. 1 bungkus biasanya beriisi 10 buah. Masa ketahanan produk sampai 3 bulan. Di lingkungan masyarakat Bangka Belitung Kue Rangai dibuat dengan menggunakan bahan-bahan yang banyak tersedia. Pada dasarnya tepung sagu sebagai bahan utama untuk membuat kue Rangai biasanya yang digunakan adalah tepung sagu yang terbuat dari pohon rumbia (Metroxylon sagu).

Resep Kue Rangai Banjarmasin

Cara membuat kue ini terbilang cukup mudah, berikut langkah-langkahnya:

Bahan-bahan yang di perlukan:

  • Setengah butir kelapa agak tua yang sudah dikupas dan diparut
  • 1 ons tepung
  • 1 ons ampas kelapa
  • ¼ gula merah yang sudah di parut
  • ¼ sendok teh garam

Langkah pembuatan:

  1. Setelah semua bahan yang diperlukan sudah siap, kalian tinggal mencampur kelapa parut dan tepung sagu, ampas kelapa dan garam kemudian aduk sampai rata.
  2. Selanjutnya panaskan wajan dengan diameter 12 cm di atas api lalu taruh kurang lebih 1 sampai 2 sendok makanan adonan didalamnya sembari diratakan sampai tipis.
  3. Kemudian masak rangai tersebut hingga kering dan matang, kemudian taburi permukaan rangai dengan gula merah dan lipat menjadi dua.
  4. Selanjutnya lakuakan proses penggorengan ini sampai adonan habis. Angkat dan tiriskan dan tata di atas piring saji.
  5. Kue rangai khas kalimantan sudah siap saji.

Resep Kue Rangai Bangka Belitung

Sementara itu, resep membuat Kue Rangai bangka juga terbilang mudah.

Bahan-Bahan yang diperlukan:

  • 1 ons dan masukan
  • 2 sendok air putih
  • siapkan kelapa parut dan
  • gula merah secukupnya yang sudah dicairkan,

Langkah pembuatan:

  1. Pertama aduk hingga merata dan menjadi agak sedikit basah.
  2. Lalu saring terigu tersebut hingga menjadi butiran-butiran halus
  3. Lalu goreng menjadi bentuk bulat seperti kulit lumpia.
  4. Kemudian campurkan dan goreng di atas wadah hingga kelapa mengering.
  5. Jika semua sudah siap, gulung memanjang kulit rangai beserta isi kelapa.
  6. Kue rangai siap dinikmati.

Nah itu dia guys pembahasan kita tentang makanan khas Bangka Belitung dan Banjarmasin ini telah selesai. Semoga bermanfaat.

Write A Comment