Agama

Kisah Kenabian Yusuf

Pinterest LinkedIn Tumblr

Sebagai umat islam kita memiliki nabi dan Rasul yang berjumlah 25 orang. Dari seluruh nabi tersebut memiliki kisah kenabiannya masing-masing.

Dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai kisah kenabian Yusuf. Seorang nabi dan Rosul utusan Allah SWT yang dianugerahi wajah yang amat rupawan dan memiliki akhlak paling mulia di antara saudaranya.

Ayah nabi Yusuf juga salah seorang dari 25 nama nabi, yaitu Nabi Ya’qub. Dari sekian banyak anaknya hanya Yusuf yang diberi kemuliaan oleh Allah SWT yaitu menjadi seorang nabi dan rasul yang bertugas mengajak umat ke jalan Allah SWT.

Kisah Kenabian Yusuf yang Dimuliakan Allah SWT

Nabi Yusuf memiliki silsilah yang hampir seluruhnya adalah nabi pilihan allah SWT, sebut saja kakeknnya adalah nabi Ibrahim dan Ishaq. Jadi pengangkatan Yusuf sebagai nabi bukanlah sesuatu yang mustahil dan sulit dipercaya.

Kisah kenabian Yusuf ini berawal dari mimpi yang ia alami. Mimpi tersebut lalu ia katakan kepada sang ayahnya, “Wahai ayahku! Sungguh aku bermimpi melihat sebelas bintang, matahari dan bulan; kulihat semua sujud kepadaku.”

Mendengar ucapan sang anak kemudian sang ayah yaitu nabi Ya’qub memberi nasihat agar tidak menceritakan mimpi tersebut kepada kakak dan adiknya karena ditakutkan akan menimbulkan rasa iri dan membuat tipu daya karena syetan itu musuh yang jelas bagi manusia.

Nabi Yusuf sendiri memiliki saudara yang berjumlah 11 orang, dari mereka semua tidak ada yang menerima wahyu kecuali nabi Yusuf. Selain itu nabi Yusuf adalah anak yang paling memiliki paras tampan dan memiliki akhlak paling mulia.

Ketampanan nabi Yusuf ini berasal dari sang ibu yang juga memiliki paras jelita. Ibunya meninggal setelah melahirkan anak ke 12 yang bernama Bunyamin. Adik bungsu nabi Yusuf ini mendapat julukan sebagai seda kunduran yang bermakna masuk syurga.

Nabi Yusuf adalah anak yang mendapatkan kasih sayang lebih dari sang ayah dibanding saudara lainnya. kecintaan sang ayah dikarenakan kepatuhan dan ketaatan nabi Yusuf kepada orang tua dan anak yang memiliki akhlak yang mulia.

Anak nabi Ya’qub ini merupakan nenek moyang Bani Israil. Beberapa pendapat mengungkapkan mengenai nabi Yusuf dan saudaranya, di mana sebagian pendapat mengatakan hanya nabi Yusuf yang diangkat menjadi nabi, namun pendapat lain mengatakan bahwa seluruh saudara nabi Yusuf diangkat sebagai nabi, dengan berpedoman pada firman Allah SWT pada surat Ali Imran ayat 84.

قُلْ ءَامَنَّا بِٱللَّهِ وَمَآ أُنزِلَ عَلَيْنَا وَمَآ أُنزِلَ عَلَىٰٓ إِبْرَٰهِيمَ وَإِسْمَٰعِيلَ وَإِسْحَٰقَ وَيَعْقُوبَ وَٱلْأَسْبَاطِ

“Katakanlah, kami beriman kepada Allah dan kepada apa yang diturunkan kepada kami dan yang diturunkan kepada Ibrahim, Ismail, Ishaq, Ya’qub dan anak anaknya”. (QS Ali Imran ayat 84)

Namun banyak yang perpendapat makna dari ayat tersebut lemah. Menurut mereka anak-anak yang dimaksud bukanlah semata anak dari nabi Ya’qub namun seluruh bani israil yang memang memiliki banyak nabi di dalamnya. Memang lebih banyak yang berpendapat bahwa nabi Yusuf adalah nabi satu-satunya diantara saudaranya.

Hal ini juga pernah diriwayatkan oleh imam besar kita yaitu imam Bukhari yang meriwayatkan sebuah hadis yang diambil dari Abdullah bin Muhammad bin Absah.

Nabi Yusuf merupakan salah satu dari ke-25 nama Nabi yang disebutkan dalam Al-Quran. Banyak kisah teladan nabi Yusuf yang dapat menjadi contoh bagi umat muslim. Doa nabi Yusuf juga dapat Anda panjatkan untuk memohon pertolongan dan ridho Allah SWT.

Kisah kenabian Yusuf berlanjut saat ia kecil dan memimpikan sebuah wahyu dimana seakan-akan sebelas bintang, matahari, dan bulan seluruhnya bersujud padanya mengisyaratkan bahwa kesebelas saudaranya, ayah serta ibunya semua sujud kepadanya.

Sang ayah yang mendengar cerita tersebut pastilah sudah sangat memahami makna dari mimpi atau wahyu yang diberikan lewat mimpi tersebut yang membuat nabi Yusuf memiliki kedudukan yang lebih tinggi di banding mereka semua baik di dunia maupun di akhirat nanti dan Yusuf akan diangkat menjadi nabi dan Rasul.

Demikianlah kisah kenabian Yusuf yang berawal dari mimpi seorang anak kecil yang belum baligh, dimana dalam mimpi tersebut sebelas bintang, matahari, dan bulan seluruhnya tunduk padanya.

Nabi Yusuf merupakan manusia yang paling mulia dan keturunan dari para nabi dan merupakan manusia paling mulia. Selain itu bagi Yusuf juga memiliki wajah paling tampan dan disayangi banyak orang.

Write A Comment