15 November 2019
Gambar Lantai Kayu

Kekuatan Lantai Kayu

Lantai memang menjadi bagian yang sangat penting dalam setiap bangunan rumah.

Apabila anda memimpikan rumah yang nyaman dan terlihat cantik maka anda harus memperhatikan jenis lantai yang akan digunakan.

Ada banyak jenis lantai berkualitas yang cocok dipasang di rumah seperti lantai kayu, vinyl, keramik, batu alam, dan lain sebagainya. Namun bagi yang senang dengan kesan lantai yang alami dan teduh, maka lantai kayu bisa menjadi pilihan yang tepat.

Gambar Lantai Kayu

Ketika anda akan menggunakan lantai dari kayu maka anda perlu untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari lantai ini. Ada banyak kelebihan yang ditawarkan oleh lantai kayu.

Selain akan membuat ruangan terlihat alami dan juga terkesan teduh, lantai ini juga memiliki kekuatan yang cukup baik. Namun kekuatan dari lantai yang terbuat dari kayu akan sangat tergantung dengan beberapa hal.

Hal yang Mempengaruhi Kekuatan Lantai Kayu

Memilih lantai kayu bukan hal yang keliru karena memang saat ini telah banyak rumah yang menggunakan lantai jenis ini.

Namun ketika anda akan memilih lantai kayu, pastikan lantai tersebut kuat.

Beberapa hal berikut ini akan mempengaruhi kekuatan kayu:

  • Ketebalan kayu

Hal pertama yang akan sangat mempengaruhi kekuatan dari lantai kayu adalah ketebalan kayu. Jika anda memilih jenis lantai ini, pastikan ketebalannya tepat.

Jangan pilih lantai yang terlalu tipis karena akan lebih mudah patah.

Saat ini ada banyak sekali pilihan lantai kayu dengan ketebalan yang berbeda.

Selain itu, ukuran lembaran dari lantai kayu juga beragam sehingga anda perlu untuk lebih jeli dalam menentukan pilihan.

Apabila anda ingin membeli lantai kayu dengan lembaran yang lebar, gunakan jasa pengiriman yang terpercaya agar lantai kayu tidak rusak saat sampai di rumah anda.

  • Jenis kayu

Menentukan pilihan lantai terbaik bisa juga dengan memperhatikan jenis kayunya. Apabila anda ingin mendapatkan lantai yang kokoh, sebaiknya memang memilih lantai yang memiliki jenis kayu terbaik.

Jenis kayu yang akan membuat lantai anda terlihat elegan dan juga awet adalah jenis kayu yang keras.

Jenis kayu seperti ini memang lebih mahal namun keawetannya tentu akan jauh lebih baik dibandingkan dengan jenis kayu lunak.

Banyak rumah-rumah dengan model klasik yang menggunakan jenis kayu seperti kayu jati, kayu nangka dan yang lainnya.

  • Kualitas kayu

Kualitas kayu juga berpengaruh pada kekuatan lantai. Lantai yang kuat adalah kayu yang dibuat dan diproses dengan baik. Memilih lantai juga perlu untuk mempertimbangkan kualitasnya. Dari satu jenis kayu saja anda mungkin bisa menemukan beberapa tipe lantai dengan kualitas yang berbeda.

Lantai dari bahan kayu yang memiliki kualitas bagus nantinya akan membuat ruangan anda terlihat cantik dan sesuai dengan harapan. Selain itu, lantai juga akan lebih awet hingga bertahun-tahun.

Kekuatan lantai kayu memang sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti yang telah disebutkan diatas.

Anda bisa memilih lantai dengan kriteria tersebut, lantai yang kuat adalah lantai yang dibuat dari bahan kayu yang keras, jenis kayu yang baik dan diproses dengan tepat.

Setelah nantinya lantai dipasang sebagai lantai rumah anda, perawatan yang baik juga harus diperhatikan.

Lantai kayu tetap saja tidak lebih kuat dari batu karena bisa lapuk dan juga tidak tahan cuaca. Apalagi jika anda menggunakan lantai ini di luar ruangan maka ketahanannya akan semakin lemah. Memiliki rumah dengan lantai kayu berarti harus mengetahui bagaimana cara perawatan yang tepat.

Deskripsi: lantai kayu akan memberikan hasil ruangan yang terlihat mempesona hanya saja lantai jika dibandingkan dengan keramik dan vinyl memang masih kalah.