Pendidikan

Doa Setelah Adzan

Pinterest LinkedIn Tumblr

Seruan adzan menjadi panggilan dari Allah SWT agar kita mendekat kepada-Nya yaitu melakukan ibadah solat lima waktu. Dengan demikian maka akan memberikan kebahagiaan dan keberuntungan sesuai dengan yang dijanjikan-Nya. Agar mendapatkan amalan yang lebih sempurna maka bacalah doa setelah adzan yang juga bisa mendatangkan pahala untukmu.

Bacaan Adzan

Sebagai umat muslim, tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan suara adzan yang menyerukan kepada kita untuk menjalankan ibadah. Berikut ini bacaan adzan arab.

 (٢x) اَللهُ اَكْبَرُ اَللهُ اَكْبَرُ
(٢x) أَشْهَدُ اَنْ لاَ إِلٰهَ إِلَّااللهُ
(٢x) اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ
(٢x) حَيَّ عَلَى الصَّلاَةِ
(٢x) حَيَّ عَلَى الْفَلاَحِ
(١x) اَللهُ اَكْبَرُ اَللهُ اَكْبَرُ
(١x) لَا إِلَهَ إِلَّااللهُ

Allaahu Akbar, Allaahu Akbar (2x)
Asyhadu allaa illaaha illallaah. (2x)
Asyhadu anna Muhammadar rasuulullah. (2x)
Hayya‘alashshalaah. (2x)
Hayya‘alalfalaah. (2x)
Allaahu Akbar, Allaahu Akbar (1x)
Laa ilaaha illallaah. (1x)

Artinya:

Allah Maha Besar, Allah Maha Besar (2x)
Aku menyaksikan bahwa tiada Tuhan selain Allah. (2x)
Aku menyaksikan bahwa nabi Muhammad itu adalah utusan Allah. (2x)
Marilah Sholat. (2x)
Marilah menuju kepada kejayaan. (2x)
Allah Maha Besar, Allah Maha Besar (1x)
Tiada Tuhan selain Allah. (1x)

Dengan makna dan kemuliaan adzan yang sangat tinggi tersebut ternyata mengajarkan kepada kita semua baik yang hidup maupun mati, yang di langit maupun di bumi maka harus tunduk ketika mendengar suara adzan. Hal tersebut juga dijelaskan dalam hadist yang terdapat di bawah ini.

 “Sesungguhnya, penduduk langit tidak mendengar sesuatupun dari penduduk bumi, kecuali adzan.” (HR. Abu Syekh).

Doa Setelah Adzan

Ketika sudah memahami cara membaca adzan maka janganlah lupa untuk membaca doa setelah adzan seperti yang disunnahkan oleh Allah SWT, berikut ini bacaannya.

للهُمَّ رَبَّ هذِهِ الدَّعْوَةِ التَّآمَّةِ، وَالصَّلاَةِ الْقَآئِمَةِ، آتِ مُحَمَّدَانِ الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَالشَّرَفَ وَالدَّرَجَةَ الْعَالِيَةَ الرَّفِيْعَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًامَحْمُوْدَانِ الَّذِىْ وَعَدْتَهُ اِنَّكَ لاَتُخْلِفُ الْمِيْعَادَ

“Allaahumma robba haadzihid da’watit taammah, washsholaatil qoo-imah, aati muhammadanil washiilata wal fadhiilah, wasysyarofa, wad darajatal, ‘aaliyatar rofii’ah, wab’atshu maqoomam mahmuudanil ladzii wa’adtah, innaka laa tukhliful mii’aadz.”

Terjemahannya:

“Ya Allah, Tuhan pemilik panggilan yang sempurna (adzan) ini dan shalat (wajib) yang didirikan. Berilah al-wasilah (derajat di surga), dan al-fadhilah (keutamaan) kepada nabi Muhammad. Dan bangkitkanlah beliau sehingga bisa menempati kedudukan terpuji yang Engkau janjikan.” (HR. Bukhari, Abu dawud, Tarmidzi, Nasa’i dan Ibnu Majah).

Makna Doa Setelah Adzan

Ketika sudah mengetahui doa setelah adzan maka kita perlu tahu juga apa maknanya, berikut daftar dari makna doa setelah azan yang kami kutip dari Fahmipedia.

  • Seruan Tauhid

Ketahuilah makna yang pertama dari doa setelah adzan yaitu adanya seruan tauhid yang dimaksudkan dengan seruan sempurna sehingga tidak ada satupun kekurangan di dalamnya. Hal tersebut juga memaknai bahwa bacaan adzan memang sangatlah sempurna sehingga tidak boleh dihinggapi pergantian dan perubahan sampai di hari kebangkitan.

Hal tersebut terdapat dalam lafal adzan  “Allaahumma robba haadzihid da’watit taammah” (للهُمَّ رَبَّ هذِهِ الدَّعْوَةِ التَّآمَّةِ) yang artinya wahai Allah, tuhan seruan. Nah, seruan tersebut memang memiliki makna kesempurnaan dari Allah SWT.

  • Solat Artinya Kekal

Selanjutnya, makna yang terdapat dalam doa setelah adzan yaitu mengartikan bahwa sholat artinya kekal yang tidak akan mengubah agama apapun, bahkan tidak akan menghapus syariat apapun. Jadi, dengan kata lain sebagai umat islam memang menjalankan solat sampai di hari kiamat nanti.

Makna tersebut terdapat dalam lafal adzan “washsholaatil qoo-imah” (وَالصَّلاَةِ الْقَآئِمَةِ) sehingga mengharuskan umatnya untuk  langsung menyegerakan solat ketika mendengar adzan.

  • Mendekatkan diri

Salah satu makna dalam doa setelah adzan yaitu  untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dari lafal adzan  “aati muhammadanil washiilata” (آتِ مُحَمَّدَانِ الْوَسِيْلَةَ) yang dapat menjadi perantara untuk mendekatkan diri kepada yang lebih besar, tinggi dan mulia sesuai dengan kekuasaan dan kehendak-Nya.

  • Bacaan “Al-Fadhilah”

Dalam doa sesudah adzan juga terdapat makna dari bacaan “Al-Fadhilah” (وَالْفَضِيْلَةَ) yang mempunyai kedudukan semua makhluk sesuai dengan kedudukan Rasulullah. Dengan demikian maka sebaiknya sebagai umat muslim memang mengamalkan doa sesudah adzan tersebut sambil mengamalkannya agar mendatkan kebaikan dari Allah SWT.

  • Menempati Kedudukan Terpuji

Dari bacaan doa setelah adzan juga mengingatkan kita kepada Allah SWT agar menempatkan Rasulullah pada kedudukan yang terpuji seperti yang dijanjikan oleh-Nya. Hal tersebut terdapat dalam lafal bacaan  “wab’atshu maqoomam mahmuudanil ladzii wa’adtah” (وَابْعَثْهُ مَقَامًامَحْمُوْدَانِ الَّذِىْ وَعَدْتَهُ) artinya yaitu dibangkitkanlah Rasulullah sehingga bisa menempati kedudukan terpuji yang Engkau janjikan.

Dengan demikian maka  membaca doa setelah adzan memiliki tujuan mengharapkan untuk mendapatkan kedudukan terpuji menurut Allah SWT. Hal tersebut juga dijelaskan dalam firman Allah dalam Al Quran surah Al Israa ayat 79:

عَسٰۤی اَنۡ یَّبۡعَثَکَ رَبُّکَ مَقَامًا مَّحۡمُوۡدًا

Artinya:

“…Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al Israa ayat 79).

Dihari kiamat nanti Allah SWT akan menghakimi setiap manusia kemudian setelah memberikan keputusan-Nya akan memanggil nabi Muhammad kemudian menempatkannya di kedudukan yang paling terpuji (Maqam al-mahmud). Tentunya, semua umat manusia tidak bisa menempati tempat tersebut, kecuali nabi Muhammad SAW.

Tetapi, dengan membaca doa setelah adzan tersebut akan membuat kedudukan Anda cukup terpuji di hadapan Allah SWT.

Keistimewaan Waktu Antara Adzan dan Iqomah

Kenali beberapa keistimewaan diantara waktu adzan dan iqomah yang mendatangkan kebaikan untuk kehidupan di dunia maupun akhirat, berikut penjelasannya.

1. Dari segi waktunya

Jika dilihat dari segi waktunya maka waktu antara adzan dan iqomah menjadi waktu yang istimewa karena saat itulah waktu dimana untuk menjalankan solat, sebagai umat islam kita sudah mengetahui bahwa solat adalah tiang dari agama.

2. Dari segi orang yang berdoa.

Jika dilihat dari orang yang berdoa diwaktu adzan dan iqomah memiliki keistimewaan karena orang yang berdoa tersebut akan ditingkatkan keimanannya kemudian akan menjauhkan dari kesyirikan. Bahkan, di waktu itulah doamu akan dikabulkan.

Bacalah doa setelah adzan agar menjadi perantara kebaikan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT kemudian menjadikanmu sebagai umat yang terpuji dihadapan-Nya.

Write A Comment