Pendidikan

Contoh Teks Ulasan Novel dan Film yang Benar Beserta Struktur

Pinterest LinkedIn Tumblr

Semua orang pasti pernah menemui setidaknya satu contoh teks ulasan, sebenarnya teks jenis ini sangat banyak di sekeliling masyarakat sama halnya seperti contoh teks eksposisi. Orang-orang pasti sering menemukannya di koran atau berbagai media online.

Fungsi dari teks ini sendiri adalah untuk mengulas sesuatu. Biasanya yang diulas adalah buku, film, lukisan atau karya publik lainnya.

Teks ulasan akan mengungkapkan pandangan umum, kelebihan, dan kekurangan dari karya yang diulas.

Berikut ini adalah beberapa contoh teks ulasan yang bisa dijadikan pedoman ketika ingin membuat teks ulasan sendiri:

Contoh Teks Ulasan Buku

Berikut ini adalah contoh teks ulasan buku Novel yang berjudul Let Go karya Windhy Puspitadewi. Ulasan mengenai buku biasanya diawali dengan informasi mengenai novel yang akan diulas. Kemudian dilanjutkan bagian ulasan yang memuat sekilas mengenai isi novel, penilaian dan ditutup dengan kesimpulan. Berikut ini adalah contoh penulisannya:

1. Informasi Novel

Judul : Let Go

Penulis : Windhy Puspitadewi  

Penerbit : Gagas Media

Tahun Terbit : 2009

Tebal : 244  Halaman

2. Ulasan

Let Go adalah salah satu karya dari penulis Widhy Puspitadewi, novel ini akan berpusat pada empat remaja bernama Raka, Nadya, Sarah, dan Nathan. Mereka bereempat memiliki karakter yang sangat bertolak belakang.

Nathan dengan lidah kejamnya, Sarah si Cengen, dan Nadya si Ratu Es yang tidak kalah kejam mulutnya dengan Nathan. Membuat Raka yang hanya siswa pembuat onar merasa terjebak di antara mereka.

Namun seiring dengan berjalannya waktu mereka mulai menumbuhkan rasa peduli pada satu sama lain. Sampai akhirnya persahabatan dan kisah baru terjalin namun belum lama kisah yang baru dimulai.

Novel ini akan mengangkat kisah cinta, persahabatan, kehilangan orang paling disayangi dan impian masa muda. Namun kisah itu harus berakhir karena berbagai kesedihan yang melanda hubungan mereka.

3. Penilaian

Buku ini merupakan buku yang tepat untuk dibaca anak muda dan remaja khususnya anak SMA. Karena cerita di dalamnya yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari remaja.

Mengangkat topik cinta masa muda dan persahabatan membuat kisah dalam novel Let Go bisa terasa dekat untuk siapa saja. Sayangnya tema yang dipilih ini agaknya terlalu mainstream atau biasa digunakan.

Namun sepertinya Windhy Puspitadewi berhasil membawa novelnya ke tahap dan rasa yang berbeda dari kebanyakan novel remaja lainnya. Hal ini ditunjang dengan banyaknya refrensi buku, lagu, bahkan musik klasik yang disebutkan dalm novel. Unsur refrensial ini berhasil keluar dari kesan pendukung saja. Namun menjadi satu dalam kekuatan cerita dan jalannya cerita.

Novel ini juga sangat tepat bagi mereka yang pernah merasakan kehilangan orang yang disayangi. Karena banyak sekali makna dan perasaan yang mungkin saja sangat relateable dengan orang-orang yang pernah kehilangan seseorang.

Sepertinya Windhy Puspitadewi juga mengangkat unsur self healing dalam novelnya kali ini. Terutama untuk remaja pada masa SMA yang merasakan kehilangan di usia yang sangat muda.

4. Kesimpulan

Walaupun tema yang diangkat dalam novel ini cukup banyak ditemukan dalam pasaran novel remaja. Namun Windhy Puspitadewi berhasil mengangkat cerita remaja yang realistis, manis, mengharu biru namun tetap terasa berbeda dan khas dengan gaya bahasanya.

Novel ini sangat cocok sebagai bacaan ringan dengan tujuan hiburan. Walaupun begitu bukan berarti tidak ada makna atau pelajaran hidup yang bisa diambil dalam novel ini.

Contoh Teks Ulasan Film

Contoh teks ulasan selanjutnya adalah ulasan film yang dipakai sebagai contoh adalah film Tenki no Ko atau Weathering With You. Film ini merupakan film animasi terkenal garapan sutradara Makoto Shinkai. Sama seperti ulasan buku, ulasan film dimulai dengan informasi mengenai filmnya. Namun sebelum ke ulasan, penulis bisa menambahkan orientasi.

Bagian orientasi ini menunjukkan pendahuluan pembahasan dan harapan penulis pada film. Biasanya bagian ini ada pada karya-karya terkenal yang mungkin sudah ada pendahulunya. Berikut ini adalah cara penulisannya dari sebuah contoh teks ulasan:

1. Informasi Film

Judul Film : Tenki No Ko / Weathering With You

Sutradara : Makoto Shinkai

Tahun RIlis : 2019

2. Orientasi

Film animasi Tenki no Ko atau dalam Bahasa Inggris memiliki judul Weathering With You ini adalah film garapan Makoto Shinkai. Seperti film-film produksi Makoto Shinkai sebelumnya, film ini menawarkan grafis dan animasi yang luar biasa indah dan rapi.

Banyak orang yang berharap Weathering With You akan sama mengesankannya dengan film-film pendahulunya. Seperti Kimi no Nawa atau Your Name, Kotonoha No Niwa atau Garden of Words, dan film Makoto Shinkai Lainnya.

3. Ulasan

Film ini diawali dengan seorang remaja tanggung bernama Hodaka Morishima yang memutuskan untuk kabur dari pulaunya. Ia bertekad mencari kehidupan yang lebih baik di Kota Tokyo namun karena kerasnya hidup malah terancam menjadi gelandangan. Ia bertemu dengan seorang gadis bernama HIna dan mendapatkan pertolongan darinya.

Ternyata Hina merupakan Gadis Cuaca yang memiliki kekuatan untuk menghentikan hujan. Hodaka dan Hina ingin memanfaatkan kekuatan ini untuk mendapatkan uang. Mereka pun membuka jasa penangkal cuaca dengan kekuatan yang Hina miliki.

Sayangnya, kekuatan yang dimiliki Hina ini bukannya tanpa resiko. Terus menerus meminta cuaca cerah membuat Hodaka dan Hina menghadapi konsekuensinya.

4. Penilaian

Dari segi grafis, Tenki no Ko atau Weathering With You sangat bisa dipadukan dengan Kimi No Nawa. Keindahan dan kedetailan pada gambar memunculkan khas dari karya-karya Makoto Shinkai sebelumnya.

Namun dari segi plot cerita, sepertinya Weathering With You masih kurang jika dibandingkan dengan karya Makoto Shinkai yang lainnya. Apalagi pada sosok Hodak Morishimanya yang dianggap tidak bisa dibandingkan dengan karakter utama laki-laki pada film Makoto Shinkai yang sebelumnya. Tidak ada alasannya yang jelas mengapa Hodaka meninggalkan pulau kelahirannya dan memilih pergi ke Tokyo. 

Peristiwa dalam Weathering With You seperti gadis cuaca dan konsekuensinya bisa dianggap kurang masuk akal. Efek tenggelamnya Kota Tokyo pada film ini juga dianggap sangat egois.

Karena keputusan dua remaja ini yaitu Hodaka dan Hina sudah mempengaruhi bahkan merugikan banyak orang. Namun tidak bisa ditampik juga, jika kisah cinta dan perasaan tulus dari dua karakter ini cukup menyentuh perasaan. Terlihat dari perjuangan Hodaka untuk menyelamatkan Hinata dan ingin melindungi keluarga Hina.

5. Kesimpulan

Terlepas dari kelemahan yang ada di dalam plot cerita Weathering With You, sama seperti film Makoto Shinkai lainnya film ini sangat layak untuk ditonton. Terutama bagi para penonton yang sangat suka dengan grafis indah ala Makoto Shinkai. Vibrant colour dari film animasi ini bisa memunculkan dunia impian yang realistis namun cerah. 

Karena itu tidak ada salahnya untuk menonton film ini dan dari segi cerita masih layak untuk dinikmati.

Untuk penggemar kisah romance fantasi yaitu kisah cinta dengan unsur fantasi yang kuat. Pasti akan sangat menyukai kisah cinta yang diusung dalam film Weathering With You ini. Karena walaupun tokohnya masih remaja, perasaan yang mereka tunjukan sangatlah tulus dan indah. Hal ini ditunjang pula dengan visual yang diberikan oleh film.

Itulah contoh teks ulasan yang bisa diberikan, memang pada contoh hanya ada ulasan buku dan film saja. Namun struktur teksnya sendiri bisa digunakan pada objek lain. Bisa digunakan untuk mengulas cerita pendek, mengulas drama, bahkan untuk mengulas musik dan album musik. Paling penting dari membuat teks ulasan adalah penulis harus selalu bersifat objektif.

Walaupun bukan hal yang dilarang bagi penulis teks ulasan untuk memasukkan pendapat atau opini pribadi. Namun sebaiknya teks ulasan harus bersifat netral dan seprofesional mungkin. Karena itu penulis tidak boleh hanya menjabarkan kelebihan karya saja tanpa menjabarkan kelemahannya begitu pula sebaliknya.

Penulis harus jujur dalam menuliskan kelebihan maupun kelemahan karya dan menerangkan alasan mengapa poin tersebut dipilih sebagai kelebihan maupun kelemahan suatu karya tersebut. Barulah teks ulasan bisa dianggap sebagai teks yang berimbang dan jujur. Semoga semua contoh teks ulasan di atas bermanfaat, ya!