Tak Berkategori

2 Contoh Teks Eskposisi dan Strukturnya

Pinterest LinkedIn Tumblr

Teks eksposisi adalah teks yang menggambarkan suatu hal dengan konteks yang singkat, jelas, dan padat. Itulah sedikit pengertian teks eksposisi, tapi pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai contoh teks eksposisi.

Sebelumnya kami juga pernah membahas mengenai contoh teks editorial, dan pada artikel kali ini mimin akan memaparkan contoh teks eksposisi singkat, simak dengan baik.

Contoh Teks Eksposisi Menjaga Lingkungan Hidup Beserta Strukturnya

Tesis
Kebersihan lingkunan adalah faktor yang penting serta harus diperhatikan dalam bermasyarakat. Hal tersebut bisa berimbas kepada kesehatan dan kenyamanan dalam kehidupan sehari – hari.

Pemerintah dan lembaga kesehatan sering membuat kegiatan – kegiatan penanggulangan pencemaran lingkungan guna menghindari terjadi hal yang tidak diinginkan. Seperti Muncul wabah penyakit yang berbahaya bagi kesehatan. Kegiatan penanggulangan tersebut seperti membuang sampah pada tempatnya, mendaur ulang sampah organik dan non-organik, dan lain sebagainya.

Argumentasi
Gotong rouong dalam membersihkan serta menjaga lingkungan secara rutin dengan cara menjadwal gotong royong bersih – bersih lingkungan. Dalam satu RT terdiri dari beberapa kepala keluarga, di bagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan jumlah hari dan sesuai dengan jadwal yang sudah disepakati.

Hari minggu juga bisa digunakan untuk kerja bakti rutin seluruh masyarakat desa. Ada banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dari kegiatan tersebut, selain kesehatan dan kebersihan yang di peroleh, kita juga bisa mempererat solidaritas antar warga yang kuat.

Penegasan Ulang
Kebersihan lingkungan adalah hal yang tidak bisa dipisahkan dari masyrakat, kebersihan juga merupakan faktor penting bagi kesehatan dan kenyamanan masyarakat. Kebersihan lingkungan menjamin kesehatan dan kenyamanan bagi setiap individu dalam bermasyarakat. Hal tersebut tercapai jika dilakukan secara gotong toyong yang terorganisir, terpadu, dan terjadwal.

Contoh Teks Ekposisi Penetapan Standar Caleg dalam Meminimalisir Tindakan Korupsi

Tesis
Di dalam pemilihan umum, seharisnya setiap parpol (partai politik) mempunyai standar yang ketat dalam merekrut calon anggota legislatifnya. Standar kriteria setiap calon wakil rakyat harus bisa menjadi kualifikasi tegas bagi para calon wakil rakyat.

Contohnya para calon legislatif yang pernah tersandung masalah pelanggaran HAM atau masalah korupsi, tidak diperbolehkan untuk menjadi dan diterima sebagai anggota legislatif. Hal tersebut perlu diperhatikan dengan tegas, karena para anggota diharapkan orang – orang yang memiliki integritas tinggi kepada negeri dan bukan orang bermasalah.

Argumentasi
Penetapan standar dalam pemilihan calon legislatif adalah salah satu tindakan yang penting untuk diadakan. Berdasarkan hasil survei, menunjukan bahwa lembaga tingkat pusat maupun lembaga tingkat daerah, dianggap sebagai lembaga dengan tingkat pelanggaran korupsi tertinggi. Hal tersebut dijelaskan oleh jojo rohi yang menjabat sebagai sekertarias jendral KIPP (Komite Indpenden Pemantau Pemilu)

Penegasan Ulang
Penetapan standar calon legislatif adalah tindakan yang perlu dan penting untuk digalakkan. Hal tersebut disebabkan anti korupsi menjadi prinsip yang harus di cantumkan dalam kriteria pencalonan anggota legislatif.

Setiap Calon Legislatif yang mempunyai track record yang buruk, seharusnya tidak diperbolehkan menjadi angogta dewasa legislatif. Harapan dari tindakan ini adalah berkurangnya tindakan korupsi.

Nah, itulah contoh teks eksposisi dan struktur teks eksposisi. Semoga artikel contoh teks eksposisi ini bisa bermanfaat untuk kita semua, jika ada kesalahan mohon untuk dimaafkan.

Write A Comment