Teknologi

Cara Update Driver Windows 10

Pinterest LinkedIn Tumblr

Memperbarui driver secara berkala dapat membantu semua perangkat keras yang terhubung ke komputer tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Karena itulah, update driver ini sangatlah penting dilakukan oleh setiap pengguna Windows 10.

Pada kesempatan kali ini kami akan berbagai bagaimana caranya memperbarui driver PC atau Laptop yang menggunakan Windows 10.

Walaupun caranya sebenarnya sangat mudah, tapi kami yakin masih ada diantara pembaca sekalian terutama para pemula yang baru belajar cara install Windows 10.

Mungkin ada yang belum tahu bagaimana caranya melakukan update driver di sistem operasi milik Microsoft ini.

Oh ya, manfaat yang akan kita dapat setelah melakukan update driver cukup banyak.

Selain agar hardware bisa dikenal oleh Windows 10 sehingga bisa berjalan maksimal, update driver juga akan membawa berbagai fitur baru serta dapat meningkatkan kinerja Windows 10.

Baiklah, berikut beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menginstall driver di Windows 10.

Cara Update Driver di Windows 10 Semua Versi

Update driver bisa kita lakukan secara manual atau juga bisa kita atur agar berjalan secara otomatis.

Berikut ulasan selengkapnya dari kedua cara ini.

1. Cara Update Manual

Cara ini bisa Anda gunakan apabila ingin melakukan update driver satu persatu.

Cara update driver secara manual adalah sebagai berikut:

Pertama, silahkan hubungkan dulu perangkat komputer Anda ke jaringan Internet. Pastikan jaringan yang Anda gunakan stabil karena beberapa driver memerlukan waktu yang cukup lama untuk diupdate.

Kalau Anda menggunakan paket data seluler untuk terhubung ke Internet, maka pastikan pula Anda sudah memiliki persiapan kuota yang besar.

Kedua, selanjutnya buka device manager Windows 10 dengan cara klik kanan pada tombol start, lalu setelah daftar menu muncul, silahkan klik pada menu device manager yang ada di bawah menu system.

Ketiga, setelah jendela device manager terbuka, di sana Anda akan melihat daftar semua perangkat keras yang terhubung ke komputer.

Di sana juga bisa dilihat hardware mana saja yang belum ter-install driver-nya. Nah tugas Anda adalah silahkan cari perangkat mana yang perlu diupdate driver-nya.

Keempat, setelah menemukan dan memilih perangkat keras yang driver-nya akan diperbarui, maka silahkan lanjutkan klik kanan di atas nama hardware tersebut dan pada popup menu silahkan klik “update drive“.

Kelima, kemudian jendela update wizard akan terbuka. di sini ada dua metode update yang disarankan yaitu secara otomatis dengan mencari driver di Internet, dan secara manual yaitu dengan mencarinya di penyimpanan lokal komputer kita. Saran kami pilih saja yang otomatis.

Keenam, setelah itu proses update pun akan berjalan di mana Windows akan melakukan pencarian driver yang sesuai langsung dari server microsoft. Proses ini membutuhkan waktu bervariasi tergantung jenis driver yang dicari. Tunggu saja sampai selesai.

Ketujuh, setelah proses update driver selesai biasanya efek pembaruan akan langsung bisa dirasakan. Tapi kalau tidak, biasanya itu karena proses update belum selesai hingga Anda melakukan restart komputer. Karena itu di langkah ini silahkan Anda restart komputer dan cek melalui device manager apakah driver sudah ter-update.

sampai di sini Anda seharusnya sudah berhasil melakukan update salah satu perangkat keras di komputer. Untuk melakukan update driver hardware yang lain, maka caranya tinggal ulangi langkah-langkah di atas.

2. Cara Update Otomatis

Selain cara manual di atas, jika Anda ingin praktis maka bisa menggunakan cara update driver otomatis.

Caranya adalah sebagai berikut:

Pertama, cara ini sebenarnya sama dengan cara update Windows 10. Karena itu yang pertama dilakukan silahkan buka menu setting Windows 10.

Kedua, di jendela setting silahkan pilih menu update & security“.

Ketiga, lanjutkan pilih update.

keempat, di jendela Windows update silahkan klik tombol “check for updates“.

Kelima, selanjutnya proses update akan berjalan secara otomatis. Selain mendapatkan update fitur, cara ini juga akan otomatis menginstall pembaruan driver hardware jika ada. Selesai.

Cara Lain Jika Driver Gagal Update Dengan Cara Manual dan Otomatis (h3)

Cara ini adalah alternatif terakhir jika cara manual dan cara otomatis di atas gagal mengupdate driver.

Karena pada kenyataannya, sering terjadi juga ada hardware yang tidak kunjung terinstall dan terupdate drivernya meskipun kita sudah melakukan upaya update baik secaram otomatis dan manual.

Berikut ini langkah-langkahnya:

Pertama, buka kembali device manager. Caranya tentu masih Anda ingat, kan?

Kedua, cara driver yang akan diupdate.

Ketiga, klik kanan pada nama perangkat keras, dan lanjutkan klik properties pada menu popup yang muncul.

Keempat, pada jendela propertis silahkan masuk ke tab details

Kelima, lanjutkan dengan memilih hardware id pada combobox properties.

Keenam, lakukan klik kanan pada id hardware yang muncul dan pilih copy pada menu popup.

Ketujuh, kunjungi situs: https://driverpacks.net.

Kedelapan, tempel hardware id yang sudah Anda copy di langkah keenam tadi pada kolom pencarian situs driverpacks.net.

Kesembilan, akan muncul banyak daftar driver sesuai hardware id di atas. Silahkan pilih sesuai merek laptop serta versi Windows kemudian unduh driver tersebut.

Kesepuluh, terakhir silahkan install driver yang baru saja Anda download. Lalu, jangan lupa restart komputer setelah proses install driver selesai.

Baca juga : Cara Share Folder Windows ke Virtual Box

Nah, itulah beberapa cara update driver pada komputer yang menggunakan OS Windows 10. Semoga ada manfaatnya khususnya bagi para pemula yang merupakan pengguna baru Windows 10.

Write A Comment