Teknologi

Cara Share Folder Windows ke VirtualBox

Pinterest LinkedIn Tumblr

VirtualBox merupakan salah satu perangkat lunak virtual yang sering digunakan untuk melakukan instalasi dan menggunakan sistem operasi pada sistem operasi utama. Masih rada bingung ya?

Baik kami berikan contoh, semisal Anda menggunakan sistem operasi Windows 10 di laptop Anda, maka Anda bisa menjalankan sistem operasi lain seperti Windows 7, Windows 8, Linux, dll pada laptop Windows 10 tersebut.

Keberadaan VirtualBox menjadi sangat penting ketika seseorang hendak melakukan ujicoba instalasi sebuah sistem operasi. Hal ini sering digunakan di sekolah-sekolah, khususnya di sekolah jurusan komputer.

Jadi, ketika Anda melakukan sebuah kesalahan instalasi di sistem operasi VirtualBox, maka tidak akan memengaruhi kinerja sistem operasi utama, jadi sangat aman untuk pemula sekalipun.

Saat Anda sudah menginstall sistem operasi di VirtualBox, maka Anda bisa menggunakan data-data yang tersimpan pada sistem operasi utama. Namun, itu tidak bisa langsung digunakan, melainkan harus melalui proses bernama sharing.

Cara Berbagi Folder Windows ke VirtualBox

Bagi yang sekolah di SMK jurusan TKJ, mungkin sudah pernah diajarkan cara ini karena memang termasuk bagian dari materi pelajaran.

Yang akan digunakan untuk sharing data Windows ke VirtualBox adalah Guest Additions. Sebenarnya fungsi dari fitur ini bukan hanya sharing data saja, tapi bisa juga untuk membuat layar VirtualBox seperti ukuran sistem operasi utama.

Berikut adalah cara share folder Windows ke VirtualBox:

1, Pertama, silahkan buka VirtualBox dan jalankan sistem operasi yang akan digunakan untuk sharing folder.

2. Setelah sistem operasi booting sampai homescreen, klik Perangkat lalu pilih Masukkan image CD Guest Additions.

Cara Berbagi Folder Windows ke VirtualBox

3. Setelah itu, buka aplikasi Windows Explorer lalu double klik CD Drive (D:) VirtualBox Guest Additions. Jika ternyata belum muncul CD tersebut, Anda bisa mengulangi langkah dari awal.

Cara Berbagi Folder Windows ke VirtualBox

4. Setelah Anda klik, nanti akan muncul beberapa aplikasi seperti gambar di bawah ini. Penting: jika Anda menggunakan Windows 32-bit, maka pilih VBoxWindowsAdditions-x86. Jika menggunakan Windows 64-bit, maka pilih VBoxWindowsAdditions-amd64.

5. Setelah Anda tahu bit pada Windows, silahkan double klik aplikasi yang sesuai dan lakukan instalasi seperti biasanya.

6. Jika proses instalasi sudah selesai, silahkan centang Reebot now dan klik Finish. Secara otomatis sistem operasi pada VirtualBox akan melakukan reboot.

7. Setelah selesai reboot, silahkan matikan mesik VirtualBox dengan melakukan shutdown pada sistem operasi.

8. Langkah selanjutnya silahkan masuk ke aplikasi VirtualBox, silahkan klik Pengaturan > Folder Bersama > klik tombol + seperti gambar di bawah ini.

9. Selanjutnya, klik Lainnya dan ubah folder sesuai dengan folder yang ingin dibagikan ke VirtualBox. Seperti contoh kami ingin membagikan data D, maka kami pilih Local Disk (D:). Oh ya, jangan lupa centang kaitkan otomatis agar setiap menggunakan OS di VirtualBox sudah otomatis berbagi folder.

10. Terakhir, silahkan Anda jalankan sistem operasi yang tadi sudah disetting. Kemudian buka Windows Explorer dan Anda akan melihat data yang dibagikan.

11. Selesai.

Nah, seperti itulah langkah berbagi folder atau data Windows ke VirtualBox. Oh ya, cara ini bisa digunakan pada semua versi Windows ya, baik itu Windows 7, Windows 8, dan Windows 10. Caranya sama saja, mungkin bedanya hanya terletak pada tampilan saja.

Demikian artikel yang bisa kami bagikan tentang share folder Windows ke VirtualBox. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Write A Comment