Tutorial

Cara Mount File ISO

Pinterest LinkedIn Tumblr

Bagi pemula, cara mount file ISO mungkin menjadi suatu hal yang sangat asing di telinga. Bahkan, banyak di antara pengguna komputer yang tidak begitu mengenalnya.

Istilah mount dan unmount sendiri sebenarnya cukup sering muncul dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam penggunaan gawai yang dibekali dengan sebuah disk penyimpanan.

Sebagai contoh, ketika Anda baru saja memasang memori eksternal ke ponsel, akan muncul pilihan untuk melakukan mount SD Card. 

Lalu, bagaimana dengan cara mount file ISO? Apakah hal tersebut tidak jauh berbeda dengan sistem pemasangan dan pelepasan sebuah SD Card pada ponsel? 

Ketahui jawabannya dengan membaca ulasan di bawah ini!

Cara Mount File ISO di Sistem Operasi Windows 7, 8, dan 10

Cara Mount File ISO di Sistem Operasi Windows 7, 8, dan 10

Mount atau mounting merupakan istilah yang umumnya digunakan untuk virtual disk dengan format .iso. Selain .iso, ekstensi disk image juga dapat berupa .cdt, .dmg, dan .toast.

File virtual ini biasanya menampung data salinan dari suatu hard disk atau jenis media penyimpanan lainnya dengan tujuan yang berbeda-beda. 

Sebelumnya, membuka file ISO mengharuskan Anda untuk melakukan burning ke kepingan CD/DVD kosong terlebih dahulu. 

Akan tetapi, saat ini, Anda punya alternatif lain untuk melihat isi file berekstensi ISO tersebut.

Sering kali sebuah file dengan format ISO ditujukan sebagai backup pada sistem operasi Windows. File ini juga tak jarang ditemukan pada file installer suatu game dan aplikasi.

Anda juga bisa menggunakan file ISO ini untuk menduplikasi sebuah CD/DVD sehingga tak perlu lagi membawa kaset fisik ke mana-mana. 

Selain installer game dan aplikasi, jenis file lain yang dapat diarsipkan dalam format ISO juga termasuk file-file video, musik, hingga suara.

Mount File ISO di Windows 7 dengan Mudah dan Cepat

Mount File ISO di Windows 7 dengan Mudah dan Cepat

Berbeda dengan Windows 8 dan versi setelahnya, Windows 7 sayangnya belum didukung dengan fungsi yang dapat melakukan mount file ISO pada sistem operasinya. 

Oleh karena itu, jika ingin mencoba cara mount file ISO di Windows 7, Anda perlu menggunakan tools atau aplikasi tambahan. 

Kabar baiknya, Anda punya cukup banyak pilihan aplikasi untuk mounting file ISO di perangkat desktop. Salah satunya adalah UltraISO.

  1. Unduh dan pasang terlebih dahulu aplikasi UltraISO tersebut di komputer Anda. 
  2. Setelah proses instalasi selesai, lakukan restart komputer agar program mounting file ISO tersebut dapat berjalan dengan baik.
  3. Jika sudah, mulai cara mount file ISO di Windows 7 dengan cara klik kanan pada file yang telah disiapkan. Kemudian, pilih opsi “UltraISO”, lalu klik “Mount to Drive”.
  4. Tunggu proses mounting selesai. Setelah itu, Anda bisa masuk ke My Computer dan mengecek file berekstensi ISO yang baru saja di-mount

Selain menggunakan UltraISO, Anda juga bisa mencoba aplikasi-aplikasi mounting berikut ini.

  • Mount File ISO dengan PowerISO
Mount File ISO dengan PowerISO

PowerISO merupakan software yang bukan hanya bisa membuka virtual drive, tetapi juga membuat, mengedit, dan mengekstraksi file di dalamnya.

Cara mount file ISO dengan PowerISO pun tidak sulit. Anda hanya perlu mengikuti langkah berikut:

  1. Silahkan unduh dan memasang aplikasi ini terlebih dahulu, lalu lakukan restart setelah proses instalasi selesai.
  2. Setelah masuk kembali ke Windows, cek File Explorer dan Anda akan menemukan perangkat baru berupa CD Drive pada daftar devices di sistem Anda. 
  3. Pada CD Drive dimaksud, tekan klik kanan, lalu pilih “PowerISO”. Selanjutnya, klik opsi “Mount Image to Drive”.
  4. Pilih file ISO yang ingin Anda mount, lalu klik “Open”. Kembalilah ke File Explorer, kemudian perhatikan, CD Drive tadi sudah berubah sesuai dengan file ISO Anda sebelumnya.
  5. Anda pasti setuju bahwa dengan menggunakan PowerISO, cara mount file ISO menjadi lebih fleksibel karena mounting bisa langsung dilakukan di jendela aplikasi tersebut.
  6. Caranya, buka aplikasi PowerISO, lalu pilih menu “Add”. Pilih file ISO yang hendak di-mount, kemudian klik “Add”.
  7. Setelah itu, klik menu “Save” dan tentukan direktori penyimpanan untuk file ISO tersebut. Selanjutnya, Anda pun hanya perlu menunggu proses penyimpanan selesai.
  • Mount file ISO dengan WinCDEmu
Mount file ISO dengan WinCDEmu

WinCDEmu merupakan aplikasi berbasis open-source yang dapat Anda manfaatkan untuk melakukan mounting file berformat ISO.

Anda bisa menggunakan WinCDEmu untuk melihat konten yang ada pada sebuah file ISO, mengekstraknya, dan juga menyalin file ke dalam format ISO itu sendiri.

  1. Untuk mencoba cara mount file ISO dengan WinCDEmu, langsung saja siapkan file yang ingin di-mount. Kemudian, klik kanan pada file tersebut.
  2. Pada opsi yang tersedia, klik “Select Drive Letter & Mount”. Setelah itu, biasanya akan muncul notifikasi untuk melakukan perubahan pada perangkat. Pilih “Yes”.
  3. Selanjutnya, klik “OK” pada dialog “Mount a Disc Image” yang muncul di layar. Tunggu prosesnya sampai file yang Anda pilih tadi berhasil di-mount
  4. Setelah itu, Anda bisa menyalin file tersebut atau melakukan instalasi secara langsung. 
  5. Sementara itu, untuk melakukan unmount, cukup klik kanan pada virtual drive yang telah dibuat dan klik “Eject”.

Mount File ISO di Windows 8 dan 10

Mount File ISO di Windows 8 dan 10

Sejak peluncuran Windows 8, Microsoft telah menyediakan fitur bawaan yang memungkinkan Anda untuk melakukan mount dan unmount file baik dengan ekstensi IMG maupun ISO.

Dengan demikian, Anda tidak perlu memasang aplikasi pihak ketiga terlebih dahulu sebelum dapat melakukan mount file ISO atau IMG.

Bagi pengguna Windows 10, Anda bisa mencoba langkah-langkah berikut ini sebagai cara mount file ISO yang mudah.

  1. Klik kanan pada file ISO yang Anda inginkan, lalu pilih opsi “Mount” yang ada di daftar atas. Setelah itu, Anda hanya perlu menunggu sampai file tersebut di-mount ke virtual CD.
  2. Jika Anda ingin mencoba cara mount file ISO yang berbeda di Windows 10, menggunakan Windows PowerShell bisa menjadi alternatif.
  3. Caranya, masukkan perintah MountDiskImage-ImagePath (diisi path tempat file ISO Anda berada) pada PowerShell, lalu tekan “Enter”.
  4. Setelah file ISO tersebut berhasil di-mount, Anda pun bisa melanjutkannya dengan membuat bootable instalasi atau hal lain yang diperlukan. 
  5. Adapun untuk melakukan unmount file ISO yang telah dibuat menjadi CD/DVD Virtual, Anda hanya perlu membuka File Explorer, kemudian klik kanan pada mounted ISO. 
  6. Selanjutnya, pilih opsi “Eject” untuk  unmount.

Apakah Bisa Mount File ISO dengan WinRAR?

Apakah Bisa Mount File ISO dengan WinRAR

Singkatnya, saat ini cara mount file ISO dengan WinRAR belum dapat dilakukan. 

Penyebabnya, aplikasi tersebut hanya memungkinkan Anda untuk membuka manual file ISO, bukan melakukan mounting seperti metode-metode di atas.

Jadi, bagi Anda yang hanya ingin melihat isi sebuah file ISO, menggunakan WinRAR dapat menjadi solusi apabila tidak mau melakukan instalasi aplikasi tambahan lainnya.

Untuk membuka file ISO dengan WinRAR, klik kanan pada file tersebut, kemudian pilih opsi “Open with WinRAR”

Setelah itu, Anda pun bisa melihat seluruh berkas yang ada di dalam file ISO tersebut. 

Apabila belum memasang WinRAR di laptop, Anda dapat mengunduh di situs resminya, lalu lakukan pemasangan seperti pada program-program lainnya.

Jika dibandingkan, cara mount file ISO sekarang ini sudah tidak sesulit masa-masa sebelumnya. 

Kini, Anda bisa dengan mudah melalukannya dengan bantuan aplikasi pihak ketiga atau fitur yang sudah disediakan Windows.