Cara Menjadikan Android Sebagai Speaker Eksternal

Laptop atau komputer merupakan perangkat elektronik serbaguna yang banyak digunakan. Nah bila perangkat ini mengalami kerusakan seperti pada speakernya tentunya akan sangat menyusahkan bagi anda.

Cara untuk menangani hal ini biasanya anda akan membeli speaker eksternal, padahal anda sekarang bisa menjadikan android sebagai pengganti speaker komputer yang mudah dan simpel.

Kelemahannya

Sebelum lanjut ada baiknya Anda memperhatikan hal ini.

Tentu menjadikan baterai Android cepat habis. Sebagai solusi untuk ini Anda bisa membeli speaker bluetooth yang ukurannya sama atau bahkan lebih kecil dari hp. Gampang dibawa dan suaranya tentu juga berkualitas, beberapa produk terbaiknya bisa kamu lihat di bagian ini: speaker bluetooth terbaik.

Bagaimana? Tetap tertarik untuk menjadikan android sebagai speaker eksternal? Jika iya, beirkut ulasannya:

Persiapan Cara Menjadikan Android menjadi Speaker Eksternal

cara menjadikan android jadi speaker eksternal
cara menjadikan android jadi speaker eksternal

1. Laptop dan Perangkat Andorid

Pertama siapkan terlebih dahulu perangkat andorid serta laptop ataupun komputer, dimana kedua perangkat ini sudah terhubung dengan server.

Cara untuk menghubungkan kedua perangkat tersebut bisa anda lakukan dengan beberapa cara, salah satunya adalah menghubungkan kedua perangkat tersebut dengan jaringan wifi yang sama.

Selain itu anda juga harus menyetting PC sebagai server dan perangkat android sebagai receiver, caranya sangatlah mudah yaitu dengan menggunakan software dan aplikasi yang bisa anda unduh dari Google.

2. Aplikasi Android Soundwire

Selanjutnya instal terlebih dahulu aplikasi bernama Soundwire pada perangkat android anda, aplikasi yang satu ini bisa anda dapatkan secara gratis di playstore.

Kemudian buka aplikasi dan setting-setting terlebih dahulu seperti bahasa, pengaturan, akun google, dan masih banyak lagi lainnya.

Jangan lupa juga untuk memastikan smartphone dalam keadaan baterai penuh, hal ini dikarenakan penggunaan speaker eksternal melalui smartphone membutuhkan daya yang cukup besar nantinya.

3. Software Soundwire Server

Sedangkan dalam PC atau laptop anda juga harus menginstal aplikasi serupa yaitu Soundwire server, software ini bisa dengan mudah anda dapatkan di interner seperti di Softonic.com.

Disini anda juga harus menyetting pengaturan sama persis dengan aplikasi di android agar nantinya proses pembuatan speaker eksternal menggunakan andorid bisa berjalan dengan lancar dan juga mudah.

Ini Langkah-Langkahnya

cara menjadikan android speaker eksternal

Sebelum anda bisa menggunakan android sebagai speaker eksternal, anda harus menghubungkan perangkat smartphone tersebut dengan PC yang anda miliki.

Cara menghubungkan PC dengan andorid sendiri bisa anda lakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Pertama bukalah software Soundwire server pada PC anda, selanjutnya anda akan di suguhkan dengan beberapa pengaturan seperti audio input, output, record, dan juga volume.

2. Kemudian bukalah aplikasi yang sama di perangkat android yang anda miliki, disini setting andorid sebagai receiver dan PC sebagai server dengan cara menghubungkan perangkat tersebut melalui jaringan wifi yang sama.

3. Selanjutnya buatlah alamat server PC anda melalui aplikasi Soundwire server, disini anda akan diberi sejumlah angka yang harus anda simpan terlebih dahulu.

4. Lalu anda bisa memasukkan alamat server tadi pada aplikasi Soundwire server yang ada dalam perangkat android, klik timbol ke bawah dan otomatis perangkat android sudah siap digunakan sebagai speaker eksternal.

5. Terakhir anda bisa menyalakan musik, menonton film, dan kegiatan lainnya yang menggunakan audio. Lalu rasakan mudahnya menggunakan android sebagai speaker eksternal untuk sebuah laptop maupun PC yang anda miliki tersebut.

Menjadikan android sebagai pengganti speaker komputer adalah solusi mudah yang bisa anda lakukan apabila speaker laptop sedang mengalami masalah.

Selain mudah dan simpel menggunakan android sebagai speaker eksternal juga tidak membutuhkan biaya sama sekali, yang anda butuhkan hanya aplikasi atau software soundwire saja anda sudah bisa membuat android menjadi speaker.