Tutorial

Cara Mengatasi Memori Internal Penuh pada Android

Pinterest LinkedIn Tumblr

Peringatan Memori Internal  yang penuh tentu sangat mengganggu, bahkan juga menimbulkan dampak lain seperti HP menjadi lemot.

Oleh karena itu, Anda harus selalu memperhatikan kapasitas dari memori internal HP Android Anda. Jangan sampai terlalu penuh.

Pada dasarnya, memori internal yang terlalu penuh bahkan bisa menyebabkan HP Android menjadi bootloop.

Untuk itu, disini saya akan membagikan cara mengatasi memori internal penuh pada Android. Terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan, jadi simak artikel ini hingga selesai ya.

1. Bersihkan File Cache dan Junk

File cache, junk, dan temporary merupakan file sampah yang sudah tidak lagi digunakan pada Android Anda.

Meski file sampah sudah tidak digunakan, namun file tersebut masih tetap berada di HP Anda sebelum Anda menghapusnya sendiri.

Anda bisa membersihkannya melalui aplikasi Cleaner bawaan di HP Android Anda, karena setiap HP pasti sudah memiliki aplikasi tersebut.

Membersihkan file cache tidak cukup dilakukan sekali saja, jadi setidaknya Anda harus membersihkan file tersebut selama 2 hari sekali atau setiap hari. Hal ini dilakukan karena file cache akan selalu muncul kembali.

2. Uninstall Aplikasi yang Tidak Digunakan

Agar memori internal pada Android tidak cepat penuh, sebaiknya hapus aplikasi yang sudah tidak Anda gunakan lagi.

Sekecil-kecilnya aplikasi yang ada di Android Anda, tetap memakan ruang penyimpanan bukan?

Jadi, sebaiknya hapus beberapa aplikasi yang sudah tidak Anda gunakan lagi di Android Anda.

Apalagi jika ada dua atau lebih aplikasi dengan fungsi yang sama, sebaiknya hapus saja aplikasi tersebut dan sisakan aplikasi yang paling sering Anda gunakan.

3. Jangan Install Aplikasi Berukuran Besar

Jika penyimpanan internal Android Anda tergolong memiliki kapasitas yang kecil, sebaiknya hindari untuk menginstall aplikasi dengan ukuran yang besar.

Karena semakin besar aplikasi tersebut tentu juga akan memakan semakin banyak ruang penyimpanan di Android Anda.

Kebanyakan aplikasi berukuran besar tersebut yaitu berbagai game dengan kualitas yang tinggi seperti PUBG Mobile atau bahkan Genshin Impact.

Jadi sebelum menginstall aplikasi dengan ukuran yang besar, perhatikan terlebih dahulu kapasitas penyimpanan yang Anda miliki.

4. Mematikan Auto Download Media WhatsApp

WhatsApp memiliki sebuah fitur Auto Download Media yang berfungsi untuk mendownload semua media (foto, video, gif, audio, dokumen) yang Anda terima baik melalui chat pribadi atau chat grup.

Fitur ini memang sangat membantu melancarkan aktivitas percakapan Anda dengan orang lain.

Namun, jika Anda memiliki kapasitas penyimpanan internal yang kecil dan Anda sering mendapatkan media entah dari chat pribadi atau grup, sebaiknya matikan saja fitur tersebut. Toh Anda masih bisa mendownloadnya secara manual.

Untuk mematikannya, buka Settings WhatsApp > Storage and Data, lalu pada fitur Auto Download Media pilih opsi No Media.

5. Simpan Media di Penyimpanan Cloud

Saat ini penyimpanan cloud sudah semakin banyak dan umum digunakan. Dengan menyimpan berbagai dokumen dan media di penyimpanan Cloud, Anda bisa menghemat cukup banyak kapasitas penyimpanan perangkat Anda.

Jadi jika ternyata yang banyak menghabiskan memori internal pada Android Anda adalah file foto, gambar, video, atau dokumen, sebaiknya simpan file tersebut di penyimpanan cloud seperti Google Drive saja.

Selain Google Drive, Anda juga bisa menggunakan penyimpanan cloud lain seperti MiCloud pada HP Xiaomi, Samsung Cloud untuk HP Samsung, dan lainnya.

6. Gunakan MicroSD Card

Selain menyimpan berbagai file di penyimpanan cloud yang membutuhkan jaringan internet, Anda juga bisa menggunakan alternatif lain yang tidak memerlukan koneksi internet, yaitu dengan menggunakan SD Card.

Setiap HP Android biasanya sudah dibekali dengan slot untuk memasang microSD card, jadi Anda bisa memanfaatkannya untuk menyimpan berbagai file seperti file foto atau video.

Dengan menyimpan file di memori eksternal, maka memori internal Anda akan lebih longgar dan tidak penuh.

Bahkan, microSD tersedia dengan ukuran yang cukup besar, hingga ratusan GB. Namun, Anda juga harus menyesuaikan dengan kapasitas microSD maksimal yang bisa terbaca di Android Anda.

7. Lebih Baik Streaming, Tidak Usah Simpan Video

Untuk menghemat kapasitas penyimpanan internal, sebaiknya jika Anda ingin menonton video atau film lebih baik lakukan streaming saja dan tidak usah download video tersebut.

Hal tersebut dilakukan karena pada umumnya video memiliki ukuran yang cukup besar, sehingga akan memakan banyak kapasitas memori internal Anda.

8. Gunakan Aplikasi Cleaner dan Antivirus

Jika Anda malas melakukan pembersihan cache secara manual, mungkin Anda bisa menggunakan aplikasi Cleaner dan Antivirus yang tersedia di Google Play Store.

Selain bisa membersihkan berbagai file sampah di Android Anda, HP Anda juga akan terbebas dari serangan virus dan malware.

9. Hapus Aplikasi Bloatware

Aplikasi Bloatware adalah aplikasi bawaan yang sudah terpasang pada HP Android Anda.

Sayangnya, kebanyakan aplikasi bawaan tersebut tidak terlalu Anda butuhkan, jadi Anda bisa memilih untuk menghapusnya saja.

Jika aplikasi tersebut tidak bisa dihapus, alternatif lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencopot pembaruan aplikasi tersebut kemudian menonaktifkannya.

10. Factory Reset

Jika Anda sudah melakukan semua cara di atas, namun penyimpanan internal masih saja penuh padahal Anda tidak menginstall aplikasi berukuran besar dan menyimpan media yang besar, maka kemungkinan terjadi kesalahan pada file sistem Anda.

Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan Factory Reset atau setel ulang. Caranya yaitu dengan membuka Settings > About > Factory Reset.

Namun perlu Anda ketahui, bahwa dengan melakukan cara ini, semua data dan file yang ada di Android Anda akan terhapus permanen.

Jika dengan factory reset memori internal masih penuh, Anda bisa melakukan flash Android atau mengganti ROM bawaan dengan Custom ROM. Dengan memilih ROM yang tepat, penggunaan memori internal HP Anda akan lebih terkontrol.

Demikian artikel mengenai cara mengatasi memori internal penuh pada pada Android. Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk mengatasi masalah tersebut.