Bisnis

Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Pinterest LinkedIn Tumblr

Ada banyak cara mendapatkan uang dari internet di zaman ini. Apabila kamu mau sedikit berusaha dan mencari-cari informasi yang tersebar di internet, maka uang akan dengan mudah mengalir ke kantongmu. Bahkan, beberapa orang mengaku bisa memanen uang hingga ratusan juta Rupiah dari kegiatan online.

10 Cara Mendapatkan Uang dari Internet Berbekal Keahlian

1. Jasa Desainer Grafis

Jika kamu punya skill desain grafis, segera manfaatkan kemampuanmu itu untuk mendapatkan pundi-pundi Rupiah. Saat ini, jasa desainer grafis semakin banyak dibutuhkan mengingat kegiatan marketing digital semakin ramai dan bisnis membutuhkan grafis yang menarik untuk menggaet target konsumen.

Ada dua cara untuk memperoleh uang cash dari desain grafis. Pertama, kamu menawarkan langsung jasamu untuk mendesain grafis suatu produk, konten pemasaran hingga desain logo. Kedua, kamu menyediakan kursus online desain grafis kepada orang-orang yang tertarik.

Sebaiknya, kembangkan website khusus milik sendiri untuk memajang portofolio terbaik kamu. Dari sini, calon konsumen akan berdatangan untuk menggunakan jasamu.

2. Menjual Plugin dan Tema WordPress

Bagi kamu yang memiliki skill coding web development, jangan sia-siakan bakatmu ini! Ada banyak cara untuk mendapatkan pundi-pundi Rupiah dari skill coding web development, salah satunya adalah berjualan plugin dan tema WordPress.

Kini ada banyak bisnis yang dijalankan secara mandiri menjual plugin dan tema WordPress melalui marketplace maupun website pribadi. Bahkan, beberapa pengembang tema dan plugin WordPress profesional mampu meraup keuntungan mencapai 1 juta Dollar dengan berjualan plugin WordPress.

3. Jasa Penerjemah Dokumen

Jika kamu memiliki keahlian bahasa asing, maka manfaatkanlah keahlian kamu tersebut untuk menghasilkan pundi-pundi Rupiah. Kamu bisa membuka jasa penerjemah dokumen, artikel, essay, buku dan sebagainya.

Jasa penerjemah dokumen dihargai cukup mahal dan biasanya dihitung perkata. Agar lebih profesional, kamu sebaiknya mengelola website sendiri untuk menunjukkan portofolio terjemahanmu. Selanjutnya calon klienmu akan datang ke websitemu untuk memesan jasamu.

4. Jasa Penulis Artikel

Di masa serba digital hari ini, kebutuhan perusahaan maupun bisnis terhadap artikel yang digunakan sebagai bahan content marketing semakin tinggi. Perusahaan biasanya memasang artikel tersebut di website resminya baik untuk landing page ataupun artikel untuk bagian blog.

Artikel juga banyak dibutuhkan oleh mereka yang mengelola website sebagai sumber penghasilan. Agar banyak pengunjung yang datang ke websitenya, maka konten di dalam website harus selalu diperbaharui.

Bahkan, dalam sehari, website bisa mengupdate artikel hingga 10 buah supaya website tetap berada di peringkat teratas mesin pencari. Oleh karena itu, kebutuhan akan penulis semakin meningkat dari hari ke hari.

Nah jika kamu punya kemampuan untuk menulis, kamu dapat menawarkan jasa penulis artikel ke para pengelola website atau blog.

5. Membuka Jasa Kursus Online

Di masa serba digital hari ini, keberadaan kursus online semakin banyak disukai dan dianggap sebagai solusi bagi mereka yang tetap ingin belajar dari jarak jauh. Tentu saja dibutuhkan keahlian khusus yang akan kamu “tawarkan” kepada orang banyak jika ingin membuka jasa kursus online ini.

Jasa kursus online sendiri bisa berbentuk kursus untuk keahlian khusus seperti keahlian coding, desain, menjahit, bahasa asing ataupun kursus pelajaran sekolah. Jika kamu ingin membuka kursus online, pastikan kamu membuat website yang bagus yang dapat dipercaya oleh target pelajar.

Apabila topik kursus yang ingin kamu tawarkan termasuk sangat khusus, kamu sebaiknya bergabung ke komunitas orang-orang yang sekiranya tertarik dengan kursusmu untuk menawarkan kursus tersebut.

6. Menjadi Guru Bahasa Asing

Cara mendapatkan uang dari internet selanjutnya yang memanfaatkan skill bahasa asing adalah dengan mengajarkan orang lain bahasa asing secara online. Menjadi guru bahasa asing secara online menawarkan berbagai keunggulan.

Pertama kamu bisa mengajar dari rumah tanpa perlu repot-repot keluar dari rumah. Kedua, uang yang kamu dapatkan pun lumayan besar. Agar kualifikasimu lebih dipercaya, sebaiknnya tunjukkan sertifikat bahasa asing yang kamu miliki.

Beberapa website menawarkan kesempatan untuk kamu menjadi guru bahasa asing yakni:

  • VerbalPlanet
  • Chegg Tutors
  • Learn4Good
  • italki
  • Remote.co

7. Jasa Membuat Blog atau Website

Banyak orang tidak paham bagaimana caranya untuk membuat website atau blog sendiri. Jika kamu memiliki kemampuan untuk membuat blog atau website serta mengoptimasinya, maka manfaatkan kemampuan kamu ini untuk meraih pundi-pundi uang dari rumahmu.

Beberapa hal utama yang harus kamu pahami terkait jasa membuat blog atau website adalah memahami kelebihan dan kekurangan setiap domain. Kamu juga harus memahami pluggin atau tools apa saja yang dibutuhkan oleh sebuah website agar dapat berjalan secara optimal.

Pelajari segala hal mengenai SEO agar kamu dapat mengoptimasi website klienmu dengan baik. Kamu juga harus memahami cara mengatur website agar penempatan menu dan sebagainya sesuai dengan yang diinginkan oleh klien.

Jasa membuat blog atau website ini dihargai cukup mahal bahkan bisa mencapai jutaan Rupiah.

8. Jasa Membuat Aplikasi Android dan iOS

Di era digital hari ini, keberadaan aplikasi Android dan iOS akan sangat membantu kelangsungan bisnis kamu apalagi yang memang bergerak di bidang digital. Aplikasi Android tidak hanya digunakan oleh bisnis dan brand besar, namun pegiat bisnis kecil dan menengah pun mulai memanfaatkan aplikasi Android.

Sayangnya, tidak banyak orang yang paham coding apalagi dapat menghasilkan sebuah aplikasi berbasis Android dan iOS. Pegiat bisnis pun tentu tidak memiliki waktu untuk mempelajari coding atau membuat aplikasinya sendiri. Oleh karena itu, jasa membuat aplikasi Android dan iOS sangat dibutuhkan hari ini.

Biasanya, ongkos untuk membuat aplikasi Android dan ios beragam bergantung kepada tingkat kesulitan aplikasi yang diminta. Biayanya umumnya dipatok mulai dari Rp 500.000 sampai Rp 1 jutaan. Biaya dapat lebih mahal jika aplikasi yang diminta cukup rumit.

9. Menjual Hasil Foto

Kamu hobi fotografi? Memiliki keahlian dalam menangkap momen-momen bagus dari sebuah lensa kamera? Jangan sia-siakan kemampuan kamu itu dan asahlah agar menjadi lebih tajam. Kini para fotografer amatir dapat menghasilkan pundi-pundi Rupiah dengan menjual hasil tangkapan lensanya.

Bahkan, kamu bisa saja memotret menggunakan kamera dari HP karena kini sudah banyak HP yang memiliki kualitas kamera lumayan bagus. Untuk menjual hasil foto, kamu bisa memajangnya langsung di akun media sosial ataupun website resmimu.

Selain itu, kamu juga bisa menjual hasil jepretanmu di website-website khusus foto seperti Twenty20 dan Shutterstock. Ada juga platform lain seperti 500px.

10. Jasa Optimasi Website (SEO)

Jasa optimasi website menggunakan prinsip SEO (Search Engine Optimization) kini sangat dibutuhkan mengingat semakin ramainya orang yang mengelola website untuk menghasilkan uang. Optimasi website adalah hal yang wajib dilakukan terutama untuk website bisnis agar bisnisnya lebih mudah dikenal orang.

Cara mendapatkan uang dari internet di atas dapat dilakukan apabila kamu memiliki skill atau keterampilan khusus yang menjual. Ini menunjukkan pentingnya skill yang kita miliki dalam hidup. Apalagi di era digital saat ini, skill yang kamu miliki bisa dijadikan sumber uang dengan mengadakan kursus online.

Seorang pembelajar. Mari kita saling mendoakan yang baik-baik.