Teknologi

Cara Mempercepat Koneksi Internet

Pinterest LinkedIn Tumblr

Siapasih yang tidak ingin internetan dengan kecepatan koneksi yang cepat? Koneksi internet memang sudah menjadi kebutuhan bagi banyak orang saat ini. Sayangnya, tidak setiap saat koneksi internet akan berjalan wus.

Koneksi internet kerap kali sangat lemot dan bisa memakan waktu tunggu loading yang begitu lama, sehingga wajar jika dikatakan sangat menyebalkan. Nah, jika Anda mengalami kejadian tersebut tenang saja, karena ada solusinya.

Namun sebelum ke pembahasan inti, Anda juga bisa membaca artikel mengenai cara sharing data di Komputer yang sudah pernah saya bahas sebelumnya jika berkenan.

Cara Mempercepat Koneksi Internet di Laptop

Ada banyak faktor yang mempengaruhi Kecepatan koneksi Internet. Untuk mengatasi peristiwa seperti ini juga ada banyak cara yang dapat dilakukan.

Baik untuk mencoba meningkatkan, mengoptimalkan, bahkan untuk mempercepat koneksi internet, dan pastinya hasilnya akan bisa dirasakan setelah mencoba cara-cara ini.

Optimalkan Kinerja komputer

Kinerja komputer sangat mempengaruhi terhadap aktivitas di dalamnya, terutama saat kita menggunakan internet. Pastinya kinerja dari Laptop akan lebih besar terhadap kecepatan sistem dalam memproses data-data secara signifikan.

Nah, setidaknya seminimal mungkin lakukan pembersihan hardisk secara berkala dengan 2 cara:

  • Disk Clean Up
  • Disk Defragment

Disk Cleanup sendiri mempunyai fungsi untuk membuang file sampah yang tidak berguna lagi, seperti file yang ada di Trash/Tempat sampah dan Cache, tentu mungkin ada yang tidak menyadari karena file ini tidak ditampilkan di dekstop ataupun folder.

Sedangkan pengertian dari Disk Defragment adalah menata kembali urutan file di dalam hardisk sehingga proses pembacaan datanya akan lebih cepat daripada yang tidak pernah di defrag.

Sedikit tambahan Khusus untuk Disk Defragment aturlah supaya berjalan secara manual agar tidak menambah beban pemprosesan data pada saat melakukan aktivitas pada komputer atau laptop Anda.

Optimalkan Kinerja Anti Virus

Jalankan virus scan menggunakan antivirus terbaik pilihanmu, setidaknya minimal sekali seminggulah. Lakukan pengecekan terhadap VirusAdwareSpywareMalware, karena itu dapat sangat mengurangi kecepatan koneksi internet.

Memiliki suatu program antivirus, setidaknya dapat menjaga komputer atau laptop terbebas dari virus terutama ketika menggunakan internet, karena jangan ditanyakan lagi banyak virus tersebar di internet yang sewaktu-waktu dapat masuk dalam komputer yang pastinya akan menggangu kecepatan kinerja.

Update Browser Internet Secara Berkala

Seiring berjalannya waktu, teknologi juga cepat sekali mengalami perubahan, Banyak sekali penerapan yang baru terhadap suatu halaman internet dan ini sangat berpengaruh terhadap kecepatan suatu peramban (browser) untuk menyajikan halaman internet.

Agar seiring dengan perkembangan teknologi, maka perbaharuilah atau update browser seobat secara berkala untuk mendapat hasil yang memuaskan dan pastinya gunakan browser terbaik dan tercepat favoritmu.

Periksa Program yang Menggunakan Internet

Kecepatan koneksi internet sangat dipengaruhi oleh banyaknya program lain yang berjalan di latar belakang tanpa disadari oleh pengguna. Hal ini tentu dapat menyebabkan pembagian bandwidth internet yang umumnya diterapkan otomatis pada kebanyakan program.

Jadi baiknya Anda pertimbangkan lagi untuk memperbarui program secara manual, agar pemakaian bandwidth dapat digunakan secara maksimal ketika mengakses internet.

Upgrade Hardware Komputer dan Laptop

Dan langkah terakhir yang tidak kalah jitu untuk mempercepat koneksi internet adalah dengan meng-upgrade perangkat keras (Hardware). Dengan meningkatkan perangkat keras pastinya akan berpengaruh besar terhadap peningkatan kecepatan memproses data, salah satunya yang bisa dipraktekan yakni dengan menambah Memori (RAM) pada komputer atau laptop.

Mungkin itu saja tips kali ini mengenai cara mempercepat koneksi internet di Laptop. Silakan diterapkan dan semoga dapat bermanfaat. 

Write A Comment