Pendidikan

Cara Membuat Teks Eksplanasi dan Contoh Eksplanasi Awan

Pinterest LinkedIn Tumblr

Mungkin di antara kamu ada yang mendapatkan tugas membuat teks eksplanasi. Namun, masih belum tahu bagaimana caranya menulis teks eksplanasi yang baik dan benar. Pada dasarnya membuat sebuah teks eksplanasi harus mengikuti aturan struktur dan kaidah kebahasaannya. Tetapi, tentu tidak semudah dan sesimpel itu saja. Masih ada hal-hal lainnya yang perlu kamu ketahui.

Lantas, apa saja itu? Berikut tahapan-tahapan cara membuat teks eksplanasi singkat.

1. Riset dan Memilih Topik

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam membuat teks eksplanasi adalah melakukan riset topik dan memilihnya. Tentunya ada banyak topik yang bisa kamu pilih karena pada dasarnya semua hal bisa dibuat menjadi teks eksplanasi. Tetapi, dari sekian banyaknya topik yang ada, kamu pasti bingung kan mau memilih yang mana?

Nah cobalah cari tahu hal-hal yang sedang banyak diperbincangkan masyarakat akhir-akhir ini, karena itu bisa menjadi topik yang menarik untuk diangkat. Kamu bisa melakukan riset topik ini baik dengan cara mengamati kondisi lingkungan sekitar maupun membaca surat kabar atau media sosial.

Sebagai bahan referensi, berikut beberapa topik yang lazim diangkat dalam sebuah teks eksplanasi:

  • Bencana alam
  • Peristiwa atau fenomena alam
  • Fenomena sosial
  • Budaya

Namun, perlu diperhatikan bahwa sebaiknya kamu memilih topik yang memang dikuasai. Hal ini bertujuan supaya kamu tidak menyebarkan informasi yang salah atau bahkan menyesatkan.

2. Menyusun Kerangka

Langkah selanjutnya adalah menyusun kerangka dengan mengacu pada struktur teks eksplanasi. Maka dari itu, sebelumnya kamu sudah tahu dulu apa saja struktur teks eksplanasi. Struktur teks eksplanasi terdiri dari pernyataan umum, deretan penjelas, dan interpretasi.

Setelah melakukan riset pada tahap sebelumnya, sekarang susunlah data hasil riset tersebut ke dalam beberapa poin berdasarkan struktur tadi. Jangan lupa juga untuk mengumpulkan fakta ilmiah yang valid karena fakta merupakan salah satu kaidah kebahasaan teks eksplanasi.

3. Pengembangan Kerangka Menjadi Teks Eksplanasi

Dan langkah terakhir dalam membuat teks eksplanasi adalah dengan mengembangkan kerangka yang sudah disusun tadi menjadi sebuah teks eksplanasi utuh. Kamu bisa menggunakan berbagai pola pengembangan yang tersedia seperti pola pengembangan induktif dan deduktif.

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Awan

Berikut juga kami berikan sebuah contoh teks eksplanasi fenomena alam awan yang diambil dari Pendidikanpedia.

Pernyataan Umum

Awan merupakan salah satu benda langit yang bisa kita lihat dengan kasat mata. Sejatinya, awan adalah massa yang terdiri dari kristal beku atau tetesan air yang mengalami pengembunan atau pemadatan uap air, dan menggantung di atmosfer bumi. Namun, tidak hanya di planet bumi, awan juga bisa ada di planet lain.

Bagaimana awan terbentuk? Simak pembahasannya berikut ini.

Deretan Penjelas

Pada dasarnya, awan berasal dari air yang menguap di udara. Maka dari itu, udara sudah pasti selalu mengandung uap air. Nah uap air yang meluap ini akan membentuk titik-titik air dan terciptalah awan. Secara rinci, maka berikut alur terbentuknya awan:

Udara panas yang mengandung banyak uap akan naik ke tempat yang lebih tinggi hingga sampai pada satu lapisan yang suhunya lebih rendah, kemudian uap pada udara tersebut akan mencair dan membentuk awan.

Setelah awan terbentuk, titik air dari uap yang ada di dalam awan akan tumbuh menjdi lebih besar dan menambah berat awan. Secara perlahan, daya gravitasi bumi akan menarik awan tersebut ke bawah hingga sampai pada suatu kondisi yang di mana titik-tik air tersebut jatuh ke bawah sebagai air hujan.

Apabila titik air dalam awan berinteraksi dengan udara yang lebih panas, maka titik air tersebut akan menguap dan awannya menghilang. Hal tersebutlah yang menjadi alasan mengapa bentuk awan selalu berbeda-beda dan berubah-ubah. Air yang ada di dalam awan akan selau menguap dan mencair secara bergantian.

Interpretasi

Secara singkatnya, awan itu merupakan sekumpulan air yang menguap lalu akan turun menjadi hujan dan menguap lagi menjadi awan. Begitulah siklus awan dan hujan secara terus-menerus.

Nah demikian pembahasan cara membuat teks eksplanasi sekaligus satu buah contoh teks eksplanasi singkat tentang corona. Apabila punya pertanyaan, jangan ragu untuk menyampaikannya di kolom komentar berikut ya.