Aplikasi

Aplikasi ScreenShot PC/Laptop Terbaik

Pinterest LinkedIn Tumblr

Jika kalian pengguna PC atau personal komputer pasti tidak asing dengan tangkapan layar, atau sering disebut Screenshot. Screenshot ini sering berguna untuk menyimpan gambar dengan cepat. Misalkan saat ada kelas meeting online lalu dimunculkan materi dan gambar, atau menonton video dan lain sebagainya.

Pastinya kita perlu menangkap dengan cepat apa yang disampaikan. Tangkapan layar juga sangat berguna untuk menshare tulisan saat kita sedang mendapatkan suatu informasi.  

Seperti cara kompres foto, pada saat kita menangkap layar, ada ukuran yang bisa kita pilih berapa besar ukuran dan gambar yang sedang kita tangkap. Dengan begitu kita mengetahui berapa besar size panjang dan lebar gambar tersebut. 

Untuk aplikasi screenshot sendiri ada banyak sekali bertebaran di internet. Namun kita kadang bingung mau menggunakan aplikasi yang mana untuk menangkap layar dengan baik.

Penasaran apa saja aplikasi tersebut? berikut ini sedikit review 3 aplikasi screenshot terbaik yang bisa kalian coba untuk menangkap layar komputer.

1. Snipping Tools

Kalian pasti sudah tahu tentang aplikasi ini. Aplikasi bawaan windows 7,8 dan 10 ini memang sudah banyak dikenal banyak orang. Penggunaannya pun cukup mudah dan simple. Kalian tinggal buka aplikasi snipping tools lalu klik new, pilih area yang ingin ditangkap.

Aplikasi yang sederhana ini terkesan tidak modern. Memang aplikasi ini berguna buat kalian yang hanya ingin menangkap layar saja. Fiturnya juga cukup terbatas. Bisa dibilang, aplikasi ini cocok buat kalian yang hanya ingin menangkap layar apa apadanya. Apalagi jika kalian malas mendownload aplikasi.

2. Jing

Jing termasuk aplikasi screenshot yang cukup mudah untuk dipakai. Tentu saja cocok untuk kalian yang tidak mau berlama-lama untuk melakukan tangkapan layar.

Uniknya dari aplikasi ini, Jing memiliki bubble berwarna orange yang akan menempel di sisi kanan layar komputer kalian.

Saat anda melakukan seleksi pada tangkapan layar, kalian bisa menambahkan beberapa hal seperti Arrow, frame ataupun teks yang diinginkan.

3. Lightshot

Aplikasi tangkapan layar lainnya yang simpel dan mudah adalah Lightshot. Kalian bisa gunakan tombol keyboard PrtSC (print screen) yang ada pada kanan keyboard. Dengan begitu aplikasi ini akan dengan sendirinya muncul.

Fitur aplikasi screenshot ini cukup mudah dan bisa diandalkan. Karena lightshot memiliki fitur seperti copy dan paste. Dengan begini kalian tidak perlu menyimpannya ke dalam komputer untuk mengirim atau menampilkan gambar dari tangkapan layar kalian.

Kalian juga di kasih tunjuk resolusi besarnya saat menarik mouse dari gambar layar yang ingin ditangkap. Tersedia juga pilihan untuk membagikan hasil screenshotnya. Selain itu kamu juga bisa mengeditnya dengan menambahkan teks. Untuk beberapa fitur yang kompleks tersebut, lightshot salah satu aplikasi terbaik untuk menangkap layar.

Nah itu saja beberapa aplikasi tangkapan layar terbaik yang bisa kalian coba. Gimana kalian suka aplikasi yang mana? Tulis di kolom komentar ya