Teknologi

Aplikasi Screenshot Android

Pinterest LinkedIn Tumblr

Setiap smartphone telah dibekali fitur Screenshot yang disematkan ke dalam sistem operasinya. Fungsi utama screenshot adalah untuk mengambil sebuah gambar yang tampak di dalam layar Android agar bisa disimpan dan dilihat kembali.

Namun fasilitas bawaan tersebut hanya mampu menangkap gambar saja tanpa dilengkapi dengan fasilitas tambahan. Sementara itu, aplikasi yang dirancang oleh pihak ketiga memiliki fasilitas tambahan itu.

Salah satu fitur tambahan yang dimaksud adalah menu Editing yang bisa Anda gunakan untuk mengolah hasil screenshotnya. Untuk itulah kami merangkum daftar aplikasi screenshot Android terbaik yang bisa memenuhi kebutuhan Anda, berikut ini daftarnya.

1. Screenshot touch

Aplikasi Screenshot touch memiliki tampilan antarmuka yang modern dan tidak terlalu kompleks. Selain tampilannya, aplikasi rancangan Daejeong Kim juga menawarkan menu editing yang lengkap.

Menu editing yang dimaksud antara lain memutar gambar, menambahkan teks, coretan, mengatur opacity dan lain-lainnya. Fitur tersebut sangat membantu pengguna dalam kebutuhan screenshotnya.

Selain menunya, fitur aplikasi Screenshot touch juga tak kalah menarik. Alasannya adalah karena aplikasi ini menyematkan fitur Screenshot yang bisa diaktifkan dengan menyentuh bagian ikon Overlay, lalu aplikasinya akan bekerja melakukan screenshot pada layar Hp.

2. Screenshot Quick Free

Screenshot Quick Free merupakan aplikasi penangkap layar sederhana dan berukuran kecil. Ukurannya yang kecil membuat aplikasi screenshot ini tidak memakan ruang penyimpanan Hp Anda.

Aplikasi ini juga tidak terlalu membebani kinerja Android karena tidak membutuhkan sumber daya yang berlebihan. Dibalik itu, pihak DM Tech telah mengoptimalkan kinerja aplikasinya demi kenyamanan penggunanya.

Selain itu aplikasi Screenshot Quick Free ini tidak memerlukan akses internet untuk mengoperasikannya. Walaupun begitu, DM Tech tetap menyertakan iklan berukuran kecil yang terletak di bagian bawah aplikasi.

3. Screenshot X

Screenshot X sangat cocok digunakan untuk pengguna yang tidak ingin kehabisan ruang penyimpanan. Pasalnya aplikasi ini hanya berukuran 2 MB saja.

Aplikasi ini pun tergolong ke dalam aplikasi screenshot yang sepenuhnya gratis. Oleh karena itu pihak JaredCo tidak menyertakan pembelian item di dalam aplikasinya.

Walaupun aplikasi ini 100% gratis, JaredCo tidak mengabaikan fitur-fitur menarik untuk penggunanya. Salah satu fiturnya adalah membagikan hasil screenshot melalui berbagai aplikasi yang telah diintegrasikan ke dalam Screenshot X.

4. Oneshot

Oneshot merupakan aplikasi screenshot yang mengusung tampilan antarmuka sederhana dan sistem navigasinya sangat mudah digunakan.

Aplikasi rancangan Altamirasoft tidak berukuran besar dan sangat cocok untuk hp yang memiliki ruang penyimpanan terbatas.

Selain itu, Oneshot memiliki 2 menu yang berfungsi sebagai screenshot dan recording. Oleh karena itulah Oneshot juga digunakan sebagai aplikasi perekam layar.

5. Assistive Touch

Assistive Touch merupakan aplikasi screenshot yang mengusung tampilan antarmuka modern dan minimalis. Selain tampilannya, aplikasi ini pun menyematkan berbagai macam fitur canggih yang bisa membantu kebutuhan penggunanya.

Fitur tersebut antara lain, tangkapan layar, perekam layar, clicker otomatis, peralatan, kunci layar dan masih banyak lagi lainnya yang bisa Anda temukan di dalam aplikasi Assistive Touch.

Walaupun fitur yang disediakan berlimpah, pihak beyondsw assistive dengan sengaja menyematkan fitur-fitur tersebut untuk dinikmati penggunanya secara gratis.

Di sisi kecanggihan aplikasinya, aplikasi ini mengusung tampilan menu Overlay dengan gaya yang tak biasa. Tampilan menu tersebut memiliki desain yang bergaya mirip menu Overlaynya iOS.

6. Screenple Screenshot

Aplikasi rancangan Screenple memiliki fasilitas screenshot yang berbeda dari aplikasi screenshot pada umumnya. Fasilitas screenshot panjang ini sering digunakan untuk menangkap tampilan layar secara penuh tanpa terpotong. Fasilitas ini pun sangat menarik dan membantu Anda dalam menyimpan tangkapan layar secara efektif.

Selain fasilitas tersebut, aplikasi Screenple Screenshot juga menyematkan fitur Backup otomatis yang terintegrasi langsung melalui Google Drive. Artinya, aplikasi ini mendukung penyimpanan online yang bisa digunakan untuk menyimpan hasil screenshotnya tanpa khawatir kehilangan tangkapan layar.

7. QUICK CAPTURE

QUICK CAPTURE merupakan aplikasi screenshot ukuran kecil dengan tampilan antarmuka modern dan mengusung desain material UI. Desain seperti ini sangat digemari oleh sebagian pengguna Android karena tampilannya terlihat lebih menarik.

Aplikasi inipun menyematkan Gestur khusus untuk melakukan screenshot. Contoh Gestur yang dimaksud adalah Gestur Goyang. Artinya ketika hp Anda digoyangkan maka Gestur tersebut akan bekerja otomatis melakukan screenshot.

Jadi itulah daftar aplikasi screenshot terbaik untuk Android yang bisa Anda gunakan. Jika Anda ingin menambahkan daftarnya, Anda bisa menyampaikannya di kolom komentar