Tak Berkategori

Apa itu Pembulatan?

Pinterest LinkedIn Tumblr

Ketika kita berbicara tentang pembulatan, kita berbicara tentang bagaimana menyederhanakan angka. Pembulatan angka adalah metode untuk membuat angka lebih sederhana dengan mengubahnya ke nilai terdekatnya agar lebih mudah dimasukkan ke dalam operasi matematika, terutama bagi anda yang suka melakukan perhitungan di luar kepala. 

Misalnya, jika Anda perlu menemukan jawaban 7,1 x 5, Anda bisa membulatkan 7,1 mejadi 7,0 (atau di tulis 7 saja), sehingga membuatnya lebih mudah untuk melakukan perhitungan di luar kepala Anda dan menemukan jawaban 35.

Saat Anda membulatkan angka dalam memecahkan persoalan, seperti penambahan atau pengurangan, hasil dari operasi tersebut adalah berupa estimasi. 

Estimasi adalah perhitungan perkiraan. Hasil estimasi mungkin kurang akurat, tetapi berguna dalam situasi di mana perhitungan yang tepat tidak diperlukan.

Aturan Pembulatan

Anda dapat memilih nilai mana saja untuk dibulatkan ke angka terdekat, tergantung pada kebutuhan Anda. Dalam pembahasan kali ini, kita akan belajar aturan untuk membulatkan ke tempat puluhan, yang berarti kita ingin membulatkan angka menjadi kelipatan sepuluh: 10, 20, 30, 40, dll. 

Untuk membulatkan angka, ada 2 aturan sederhana yang perlu diingat:

Jika digit yang ingin dibulatkan adalah 1, 2, 3, atau 4, Anda harus membulatkan ke bawah. 

Contoh:

Misalnya, Anda akan membulatkan angka 6,4. Maka hasil pembulatannya adalah ke 6,0 (atau cukup ditulis 6 saja).

Jika digit yang ingin dibulatkan adalah 5, 6, 7, 8, atau 9, Anda harus membulatkan ke atas. 

Contoh:

Misalnya, Anda akan membulatkan angka 8,6. Maka hasil pembulatannya adalah ke 9,0 (atau cukup ditulis 9 saja).

Aturan ini dapat diterapkan ke digit yang berbeda. Misalnya, jika Anda membulatkan ke ratusan, Anda akan menerapkan aturan pembulatan ke digit puluhan. Misalnya anda ingin membulatkan angka 487. Karena 8 merupakan digit puluhan, Maka hasil pembulatannya adalah 500.

Demikian pembahasan tentang pembulatan. Semoga bermanfaat.

Write A Comment