Teknologi

Apa itu Flagship?

Pinterest LinkedIn Tumblr

HP pada dasarnya dibagi menjadi beberapa range harga. Hal tersebut ditujukan agar konsumen bisa memilih spesifikasi dengan budget sesuai yang dipunya.

Semakin mahal harga HP, tentunya akan semakin bagus juga spesifikasi yang didapat. Bahkan terdapat juga HP kelas premium, atau biasa disebut dengan istilah flagship.

Kamu sudah tahu apa itu flagship? Kalau belum, kita bahas secara lengkap mengenai smartphone kelas flagship di sini.

Apa itu Flagship Pada Smartphone?

HP flagship adalah istilah yang dipakai untuk menunjuk HP terbaik, terbaru, dan termahal dari suatu brand. HP flagship memiliki spesifikasi yang mumpuni, material premium serta fitur beragam.

Setiap brand atau pabrik biasanya merilis dan mengembangkan flagship mereka setiap tahunnya.

HP flagship umumnya ada di range harga 8 juta ke atas. Bahkan bisa menyentuh puluhan juta rupiah. Sebagai gambaran:

Low Range500 ribu – 1.5 jutaan
Mid Range2 juta – 4 jutaan
High Range4 juta – 8 jutaan
FlagshipDi atas 8 juta hingga puluhan juta

Contoh HP Flagship

Flagship smartphone pada dasarnya adalah produk OEM. Karena smartphone sendiri saat ini kebanyakan cenderung memakai sistem operasi HP Android. Kamu bisa cek mengenai apa itu OEM kalau belum paham.

Berikut beberapa contoh HP flagship:

1. Xiaomi

Xiaomi memiliki lini flagship dengan nama tipe yang berbeda-beda. Seperti Mi Mix, Mi Series (Mi 10, Mi 11 dan sebagainya), Mi K series dan lain-lain.

Setiap flagship tersebut tidak dirilis di Indonesia. Sebagian lock di region tertentu, seperti Tiongkok dan India.

HP flagship Xiaomi punya ciri khas layar berkualitas tinggi, bahan material dasar premium, dan sistem MIUI yang selalu mendapatkan update rutin.

2. Samsung

Samsung sejak dulu terkenal dengan seri S sebagai flagshipnya. Contoh Samsung S10, S20 dan lain-lain. Selain itu, terdapat juga tipe flagship serupa yang ditujukan untuk pemakaian berbeda. Yaitu seri Note dan seri Flip.

Perbedaan Samsung flagship dan Samsung biasa terletak pada fitur-fitur yang diberikan, serta tipe SoC Exynos yang dipakai. Dimana setiap flagship memiliki performa yang sangat tinggi.

3. Oppo

Meskipun flagshipnya tidak seterkenal Samsung, Oppo Find X series punya berbagai fitur premium yang tidak ada di brandbrand HP lainnya, terutama dari segi kamera.

Kamera dari flagship Oppo ini memiliki sensor premium, dengan kualitas pengambilan gambar yang detail. Selain itu, terdapat juga fitur zoom yang membuat kamu bisa memperbesar pengambilan gambar sampai puluhan kali, namun hasil tetap jelas.

4. Vivo

Vivo mengedepankan sistem serta spesifikasi yang dibutuhkan pengguna sesuai kelasnya. Pada tipe flagship, Vivo memiliki tipe S series, Nex, iQOO, dan Z series.

Setiap flagship tersebut punya ciri khas yang berbeda-beda. Contoh S series lebih ditekankan kepada komponen jaringan dan layar, iQOO pada dapur pacunya yang punya performa tinggi, Nex pada sektor fotografi, serta Z series dengan harga yang paling terjangkau.

Alasan Kenapa Kamu Harus Memilih Smartphone Flagship

Banyak orang yang masih ragu, apakah smartphone flagship termasuk “worth it” untuk dibeli. Padahal, untuk kebutuhan khusus tidak ada ruginya lho membeli smartphone flagship.

Contohnya tiga alasan ini:

1. Kamu Butuh Smartphone Dengan Performa Tinggi

Smartphone flagship memiliki kualitas SoC yang tinggi. Baik itu dari segi kinerja CPU maupun dari kinerja GPUnya. Bukan hanya performa yang tinggi, kinerjanya juga stabil. Tidak mudah overheat meski sedang berjalan di high clock.

Kalau kamu butuh smartphone dengan performa tinggi, sudah tentu smartphone flagship sangat cocok untuk kamu beli. Contoh untuk main game, melakukan multitasking dan lain-lain sejenisnya.

2. Kamu Butuh Fitur Khusus di Smartphone

Beberapa fitur ada yang hanya tersedia khusus pada smartphone flagship. Dari segi fungsi sistem, hingga spek komponen yang lebih “wah” dari smartphone biasa.

Misalnya fitur charging super cepat dengan pemakaian baterai yang hemat, produksi warna pada layar yang lebih akurat, sistem khusus yang lebih stabil dan lain-lain.

Fitur-fitur ini harusnya bisa jadi pertimbangan kamu kalau masih ragu memilih smartphone flagship.

3. Kamu Butuh Smartphone Jangka Pemakaian Lama

Meskipun mahal, smartphone flagship punya kualitas komponen serta fitur yang sangat beragam. Kalau HP biasa dalam jangka waktu 2 tahun sudah terasa lambat, hal ini tidak berlaku pada HP flagship.

Alasannya karena HP flagship memang didesain tetap stabil untuk pemakaian di atas 2 tahun. Bukan hanya itu, HP flagship biasanya juga selalu mendapatkan update sistem terbaru dari vendornya.

Smartphone flagship punya berbagai keunggulan dibalik harga mahal yang ditawarkan. Fitur premium, desain yang unik, hingga performa yang tinggi menjadi beberapa penyebabnya. Nah, apa pendapat kamu soal HP flagship ini? Kirim komentar kamu ya.