Amalan Agar Dicintai Allah

Amalan-Agar-Dicintai-Allah

Dicintai Allah merupakan harapan paling mulia dan impikan dari seorang manusia. Sebab itu merupakan puncak dari segala rahmat.

Namun, untuk mencapai tingkatan tersebut harus ada usaha yang perlu istiqomah dijalankan. Sebab, rasa cinta Allah hanya diberikan kepada orang-orang yang beriman dan bertaqwa.

Berbeda halnya dengan rasa kasih yang diturunkan kepada semua umat manusia. Oleh karena itu, kali ini akan dibahas mengenai beberapa amalan agar dicintai Allah yang menjadi kunci rahasia kebahagiaan Anda.

Amalan yang Menjadi Kunci Agar Dicintai Allah

Segala sesuatu sebenarnya telah diajarkan secara jelas oleh Rasulullah, baik yang bersumber dari Al-Quran maupun Hadits.

Begitu pula dalam hal menggapai cinta dan ridha Allah. Berikut beberapa amalan agar dicintai Allah yang perlu Anda jalankan secara istiqomah.

1. Membaca Al-Quran

Al-Quran merupakan kitab suci yang penuh keberkahan. Betapa tidak, satu huruf yang Anda baca akan diganjar 10 kebaikan.

Bahkan saat Anda masih terbata-bata dalam membaca dan belum paham maknanya, Allah tetap menurunkan pahala. Al-Quran juga menjadi rahasia agar dicintai Allah.

Hal ini berdasarkan atar dasar hadist shahih yang diriwayatkan dalam kitab Syu’ab Al-Iman, bahwa sesungguhnya manusia tidak akan pernah beribadah kepada Allah dengan segala sesuatu yang lebih dicintai-Nya dibandingkan membaca Al-Quran.

Anda bisa lihat kenyataannya di lingkungan sekitar betapa mulianya hidup orang-orang ahli Al-Quran. Mereka terlihat tentram karena memang di cintai oleh Allah. Bahkan, sesama manusia juga memuliakan mereka.

Jadi, apabila Anda juga ingin dicintai Allah, maka jangan pernah lewatkan hari tanpa membaca firman-Nya, minimal setiap kali usai shalat 5 waktu.

2. Melakukan shalat hajat

Shalat hajat merupakan perwujudan rasa pasrah manusia kepada Allah. Sebagai makhluk, dia menyadari bahwa kekuatan untuk mewujudkan kebutuhan itu terbatas.

Harus ada keterlibatan kuasa dari Sang Pencipta. Dari sini keutamaan shalat hajat tak hanya mempercepat terkabulnya doa.

Silahkan simak tentang niat, tata cara dan doa sholat hajat lengkap dari sumber artikel di wisatanabawi.com.

Namun juga menghadirkan rasa cinta dari Sang Maha Agung. Sebab Allah menyukai hamba yang senantiasa ingat kepada-Nya dalam segala situasi.

3. Selalu mengingat Allah SWT

Semakin sering Anda mengingat Allah, maka semakin besar pula rasa cinta Sang Kuasa kepada Anda.

Bagaimana cara mengingat Allah?

Cara terbaik mengingat adalah dengan senantiasa menyebut-Nya dengan lisan dan hati.

Ya, ini dikenal dengan istilah dzikir. Silahkan pilih lafadz dzikir yang bisa Anda lantunkan secara istiqomah. Entah itu kalimat tauhid, tahmid, tasbih, takbir, istighfar.

Tak perlu terlalu banyak apabila Anda masih belum terbiasa, terpenting lakukan secara istiqomah atau konsisten.

Setidaknya lantunkan selepas sholat. Saat Anda sudah terbiasa menyebut Allah dengan lisan, Insha’Allah segala tindakan juga dapat menjadi terkontrol, sebab selalu merasa dekat Sang Pencipta.

4. Bermunajat kepada Allah di malam hari

Waktu malam hari, utama di sepertiga malam terakhir memiliki keistimewaan yang luar biasa. Ini merupakan waktu mustajab dikabulkannya doa seorang hamba.

Tak hanya itu, kerelaaan Anda untuk bangun kemudian beribadah kepada-Nya akan diganjar dengan rasa cinta dari Allah.

Sebab tidak semua manusia mau berjuang melawan dingin dan nyenyak tidur demi menjalankan ibadah sunnah.

5. Bergaul dengan orang-orang bertaqwa

Amalan agar dicintai oleh Allah berikutnya adalah bergaul dengan orang-orang bertaqwa. Ketika Anda dekat dengan ahli ibadah, maka secara otomatis akan juga turut gemar beribadah.

Selain itu, orang-orang yang bertaqwa sangat dicintai oleh Allah, sehingga hidupnya penuh keberkahan. Bahkan saat Anda dekat orang tersebut, Anda juga akan terkena imbas keberkahan.

Ini sebenarnya alasan mengapa dianjurkan untuk mengikuti majelis yang dipimpin oleh orang shaleh. Ya, agar ikut memperoleh curahan rahmat yang diberikan kepada rombangan orang shaleh tersebut.

6. Ikhlas dan sabar atas segala ketetapan Allah

Setiap manusia tentu pernah diuji oleh Allah sebagai sarana untuk menaikkan derajatnya.

Namun, tak semua dapat dengan baik melewati ujian tersebut. Padahal, saat Anda bisa ikhlas dan sabar atas segala sesuatu yang terjadi, maka imbalannya adalah cinta dari Allah.

Itulah beberapa amalan agar dicintai Allah. Apabila niat Anda memang benar-benar mengharap keridhaan-Nya insyaallah amalan di atas dapat dijalankan dengan mudah dan istiqomah.

Perlu diingat bahwa Allah yang sanggup membolak-balikkan hati dan menjaga kekuatan iman. Oleh karena itu, jangan pernah lepas berdoa agar diberi keistiqomahan beribadah sehingga dicintai-Nya.