5 Rekomendasi Kuliner Malam di Jogja

5 Rekomendasi Kuliner Malam di Jogja

Jogja adalah tempat yang sangat istimewa. Salah satu hal yang membuat Jogja terasa istimewa adalah kekayaan kulinernya. Untuk merasakan sensasi yang berbeda, Anda bisa menikmati berbagai kuliner malam di Jogja yang dijamin enak.

Ada banyak sekali kuliner malam Jogja yang tersedia. Walaupun begitu, beberapa di antaranya sudah terkenal, baik oleh masyarakat sekitar maupun wisatawan. Menikmati makanan enak dengan suasana Jogja di malam hari tentu akan jadi pengalaman yang mengesankan.

Kuliner di Jogja memang sangat banyak, bahkan beberapa di antaranya buka selama 24 jam. Jogja juga memiliki kuliner malam yang tidak kalah enak dan unik dengan daerah lainnya. Berikut beberapa rekomendasi kuliner malam di Jogja yang harus dicoba:

  • Gudeg Bromo

Pernahkah Anda mendengar tentang Gudeg Bromo sebelumnya? Gudeg Bromo menjadi salah satu kuliner yang terkenal di Jogja. Saat berlibur ke Jogja, memang rasanya belum lengkap jika belum mencicipi nikmatnya gudeg. 

Jika biasanya gudeg dimakan saat pagi atau siang hari, beda dengan Gudeg Bromo. Gudeg yang suda ada sejak tahun 1984 ini menjadi salah satu tujuan kuliner malam di Jogja favorit banyak orang. Walaupun buka tengah malam, tapi pengunjungnya tetap ramai. 

Gudeg Bromo buka pukul 23.00-05.00 WIB. Menu andalannya adalah gudeg basah. Anda juga bisa memilih lauk lainnya untuk dinikmati dengan gudeg, seperti ayam suwir, telur bacem, kepala ayam, tahu, tempe, dan daging ayam. 

Keunikan dari gudeg ini adalah rasanya yang gurih dibandingkan manis. Gudeg Bromo Bu Tekluk ini bisa dinikmati mulai dari harga Rp20.000-an.

  • Soto Sampah

Soto adalah salah satu menu makanan khas Indonesia. Setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing yang unik, termasuk di Jogja. Bagi Anda yang sedang mencari kuliner malam hari, cobalah Soto Sampah Jogja. 

Tempat makan ini terbilang cukup populer dan sudah ada sejak tahun 1970. Pastinya banyak yang penasaran mengapa diberi nama sebagai Soto Sampah. Nama ini berasal dari pelanggan yang datang untuk makan karena tampilan soto di piring yang terlihat berantakan. 

Walaupun begitu, rasanya tidak perlu diragukan. Dalam satu porsi soto, terdapat daging gajih, irisan kol, bihun, tauge, dan siraman kuah soto. 

Satu porsi sotonya juga sangat terjangkau, yaitu Rp6.000 saja. Soto Sampah berlokasi di Jalan Kranggan No. 1, dekat pertigaan depan POM Bensin Tugu dan buka selama 24 jam.

  • Sate Klathak

Salah satu kuliner yang cukup terkenal di Jogja adalah sate klathak. Ada banyak warung makan sate klathak yang bisa dipilih. Namun, jika Anda ingin mencicipinya di malam hari Anda bisa berkunjung ke Sate Klathak Pak Bari. 

Sate Klathak Pak Bari adalah warung makan dengan menu utama sate kambing dengan bumbu kecap. Sate klathak ini merupakan usaha turun temurun dengan cita rasa yang terjamin. Harga satu porsi sate klathak yang dijual adalah sekitar Rp20.000. 

Tidak hanya sate klathak, di sini juga tersedia masakan lain. Beberapa makanan lain yang dijual adalah kicik balung, kicik kepala, tongseng, tengkleng, gulai, dan lainnya. Kisaran harga makanan yang dijual adalah Rp15.000 sampai Rp50.000. 

Sate Klathak Pak Bari terletak di Jalan Imogiri Timur KM 10, Bantul. Jam operasional warung makan ini mulai dari pukul 19.00-02.00 WIB.

  • Mie Nyemek Bu Siti

Jika sebelumnya kuliner malam di Jogja yang disebutkan sudah berumur puluhan tahun, berbeda dengan tempat makan ini. Mie Nyemek Bu Siti menjadi salah satu tempat makan favorit turis dan mahasiswa yang sudah buka dari tahun 2002. 

Dari luar, penampakan kedai ini terlihat sederhana. Namun, ada banyak orang yang mengantri untuk merasakan mie instan di warung ini. Sebenarnya, warung Mie Nyemek Bu Siti ini hanya menjual mie Indomie. 

Walaupun begitu, hal yang membuatnya menjadi lebih istimewa adalah tambahan bumbu rahasia. Bumbu rahasia ini adalah bawang putih, cabai, kecap, sawi, dengan tambahan telur bebek atau ayam. Bahkan, mie yang dibuat juga dimasak menggunakan tungku arang. 

Harga satu porsi mie yang dijual mulai dari Rp9.000. Hal ini membuat banyak mahasiswa yang datang untuk mencicipi mie instan di warung Mie Nyemek Bu Siti.

  • Angkringan Lik Man

Banyak mahasiswa di Jogja yang menghabiskan malam dengan nongkrong di angkringan. Angkringan menjadi kuliner malam yang tidak pernah sepi pembeli. Salah satu angkringan yang terkenal di Jogja adalah Angkringan Lik Man. 

Pernahkah Anda mendengar tentang kopi joss? Angkringan Lik Man ini menjadi angkringan pertama yang menjual kopi joss. Kopi joss sendiri adalah kopi panas yang dicelupkan arang panas. Hal ini yang membuat Angkringan Lik man unik. 

Angkringan ini terletak di kawasan Malioboro, dekat dengan Stasiun Tugu. Saat ini, Angkringan Lik Man buka dari pukul 16.00-01.00 WIB. Untuk makanan yang dijual hampir sama dengan angkringan lainnya. 

Salah satunya adalah nasi kucing dengan berbagai lauk pelengkap, seperti sate telur puyuh, sate usus, dan masih banyak lagi. Bagi Anda yang belum pernah melihat pembuatan kopi joss, tentu ini menjadi hal yang menarik. 

Banyak pembeli yang mengabadikan proses pembuatannya. Konsep yang diusung angkringan ini adalah angkringan sederhana. Siapa saja bisa datang untuk menikmati kopi joss dan berbagai menu khas angkringan lainnya.

Membayangkannya saja pasti sudah membuat perut lapar. Bagi Anda yang berada di Jogja untuk liburan atau keperluan lain, cobalah beberapa kuliner malam di Jogja tersebut. Pastinya, Anda tidak akan menyesal karena makanan di sana enak dan direkomendasikan banyak orang sebagai tempat makan di Jogja yang wajib dicoba!

,