Teknologi

5 Rekomendasi Harddisk Eksternal Terbaik dengan Kapasitas Besar

Pinterest LinkedIn Tumblr

Pada zaman teknologi seperti saat ini, kebutuhan penyimpan data dengan kapasitas besar merupakan hal lumrah. Apalagi bagi pekerja kantoran, konten kreator atau mahasiswa yang kesehariannya banyak tugas yang mengharuskan menyimpan file data di dalam laptop atau PC. 

Namun terkadang, ruang penyimpanan internal yang ada di laptop atau PC sangat terbatas, sehingga membutuhkan penyimpanan kedua. Kalau hanya membutuhkan kapasitas penyimpanan yang kecil, kita bisa menggunakan flashdisk. Akan tetapi, kalau butuh kapasitas penyimpanan yang lebih besar, harddisk eksternal solusi yang paling tepat.

Sampai saat ini, sudah banyak beredar harddisk eksternal dengan berbagai merek. Pada awal kemunculannya, harga yang ditawarkan cukup mahal. Sehingga bagi sebagian orang lebih memilih flashdisk yang harganya masih terjangkau.

Sekarang, semakin banyak harddisk dengan kapasitas besar dan kualitas bagus yang beredar. Harganya pun semakin terjangkau karena teknologi-teknologi penyimpanan terbaru semakin banyak yang bermunculan. 

Berikut ini 5 rekomendasi harddisk eksternal terbaik dengan kapasitas penyimpanan besar, tentunya dengan harga yang terjangkau.

1. Seagate Expansion Portable Drive 1.5 TB

Seagate Expansion Portable Drive adalah salah satu hard disk eksternal terbaik dan terjangkau yang diproduksi oleh  Seagate Technology. Hard disk ini memiliki kapasitas storage yang sangat besar yaitu 1.5 TB. Dengan kapasitas 1.5 TB tentunya mampu menampung segala data kalian dengan aman dan nyaman. 

Hard disk ini telah didukung dengan USB 3.0 yang mempunyai kelebihan transfer data yang cepat, sehingga anda tidak perlu menunggu lama dalam transfer data. Kelebihan lainnya adalah desain yang elegan dan simple.

Dengan desain yang elegan dan ruang penyimpanan besar, cocok bagi kalian yang suka berpergian dan membutuhkan penyimpanan data yang besar. 

Berapa harganya?

Harddisk ini dibandrol dengan harga Rp. 800 ribu sampai dengan Rp. 1,1 jutaan. Cukup terjangkau bukan?

2. Toshiba Canvio Basics

Rekomendasi harddisk eksternal selanjutnya adalah Toshiba Canvio Basics. Toshiba Canvio Basics menawarkan kapasitas penyimpanan yang besar yaitu 1TB. Fitur yang ditawarkan selanjutnya adalah desain yang elegan dan simpel yang memiliki permukaan dengan pola bertitik chic. Sehingga ketika dibawa tidak gampang jatuh.

Harddisk ini juga dilengkapi dengan sistem transfer data yang cepat menggunakan USB 3.0 yang mempunyai kecepatan transfer hingga 5 GB/s. Fitur yang tidak kalah menarik adalah sistem keamanan data yaitu sensor kejut atau sensor guncangan internal. Sistem kerjanya dengan memutus aliran listrik ke harddisk ketika terjadi kejutan. Dengan begitu data yang ada pada hard disk akan terlindungi.

Lalu berapa sih harga dari hard disk ini ? Cukup murah yaitu berkisar Rp. 698.000 sampai dengan Rp. 810.000.

3. Transcend Harddisk External 1TB Storejet 25M3B

Dilengkapi dengan teknologi anti-shock, Transcend Storejet 25M3B mampu bertahan dengan cukup baik dari guncangan maupun benturan.

Fitur lain yang tak kalah menarik adalah port USB 3.0 yang memudahkan transfer data, yang mana kecepatan transfer data USB 3.0 mencapai 5 GB per detik. Dengan transfer data yang begitu cepat kalian tidak perlu menunggu waktu lama ketika mentransfer data.

Kelebihan yang ditawarkan oleh Transcend selanjutnya adalah Software Recovery yang berguna untuk backup data, enkripsi dan PC lock untuk pengamanan data, juga ada Antivirus McAfee yang berguna sebagai pelindung data dari berbagai virus. Harga hardisk eksternal ini sangat bersahabat sekali hanya berkisar Rp 700 ribu hingga Rp. 800 ribu.

4. Maxtor M3 Harddisk Eksternal 1TB

Selanjutnya ada hardisk eksternal 1 TB yang cukup murah dan mungkin inilah jawaban yang tepat bagi kalian. Hard disk eksternal Seagate Maxtor M3 adalah salah satu harddisk dengan kapasitas penyimpanan yang cukup besar namun tidak membuat isi dompet kalian habis, harga yang ditawarkan pun cukup murah untuk ukuran hard disk eksternal dengan penyimpanan 1 TB. Hard disk ini hanya dibandrol dengan harga berkisar Rp 600 ribu – 720 ribu saja.

Kelebihan yang ditawarkan dari hard disk ini juga lumayan, yaitu proteksi Safety Key yang berguna melindungi data kalian. Bukan hanya itu, Seagate Maxtor M3 juga sudah memakai USB 3.0 yang membantu transfer data lebih cepat, desain yang ditawarkan juga lumayan ramping dan tipis sehingga nyaman untuk dibawa bepergian. Hard disk ini juga sudah kompatibel dengan semua sistem operasi, mulai dari Windows 7/8/10/Vista hingga Mac OS X 10.4.8 atau yang lebih tinggi.

5. Toshiba Canvio Ready 500GB

Rekomendasi harddisk eksternal yang terakhir adalah Toshiba Canvio Ready. Harga yang ditawarkan cukup murah dengan penyimpanan yang lebih kecil yaitu 500 GB. Harganya mulai dari Rp. 500 ribu sampai dengan Rp. 600 ribu.

Meskipun dengan kapasitas 500GB, Toshiba Canvio Ready mempunyai fitur yang tak kalah dengan harddisk 1 TB. Toshiba Canvio Ready dilengkapi dengan kemampuan transfer yang sama dengan harddisk 1 TB. Yaitu adanya post USB 3.0 dengan kecepatan transfer 50GB/second. Selain itu dilengkapi juga dengan fungsi backup data, shock-sensor, dan proteksi password untuk keamanan tambahan.

Nah itu dia 5 harddisk eksternal kapasitas besar dengan kualitas yang mumpuni dan harga terjangkau. Kalian bisa pilih salah satu sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang tersedia. Kalau mau lebih cepat lagi bisa beralih ke teknologi terbaru yang menggantikan harddisk, yaitu SSD. Kalian bisa pelajari kelebihan SSD di artikel apa itu SSD. Semoga bermanfaat.