Pertanian

4 Alasan Mengapa Budidaya dengan Hidroponik

Pinterest LinkedIn Tumblr

Kamu punya hobi bercocok tanam namun tidak punya lahan? Jangan patah semangat untuk mengembangkan hobi kamu.

Teknik bercocok tanam hidroponik adalah jawaban atas masalah yang kamu alami.

Apa itu hidroponik?

Secara umum, hidroponik berarti metode cocok tanam tanpa menggunakan media tanah. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan moss, sekam, arang, dan lain sebagainya.

Yuk, kenali lebih dekat tentang metode yang satu ini.

Apakah metode ini termasuk metode baru?

Metode hidroponik ternyata telah dikenal sejak lama. Sayangnya tidak banyak yang tahu tentang metode yang satu ini. Secara ahasa, hidroponik berarti bekerja dengan air.

Namun secara istilah, hidroponik berarti metode cocok tanam yang menggunakan air disertai pemenuhan oksigen dan nutrisi.

Dalam metode ini, pupuk diberikan dalam bentuk cairan sehingga lebih mudah diserap oleh tanaman. Jika media tanam sudah jenuh, kamu bisa menggantinnya dengan mudah.

Mengapa Memilih Bertanam Hidroponik?

Ada beberapa alasan mengapa budidaya pertanian dengan metode hidroponik saat ini menjadi salah satu metode bertanam yang cocok, telrebih di tengah keterbatasan lahan. Berikut ini adalah beberapa alasannya.

1) Hidroponik sebagai solusi lahan sempit atau tidak subur

Kamu yang tinggal di lahan tandus dan kesulitan untuk bercocok tanam patut berbahagia dengan adanya metode hidroponik.

Dengan teknik ini, kamu tetap bisa menanam berbagai macam tanaman meskipun lahan sempit atau tidak subur. Dengan memilih media dan menyiapkan tatakan, kamu siap untuk bercocok tanam.

Alat yang digunakan untuk hidroponik sangat sederhana. Kamu hanya perlu menyiapkan pipa dan sistem pompa air untuk memenuhi kebutuhan air pada tanaman. Pipa yang dibuat bersusun sangat efektif untuk mengatasi permasalahan lahan yang sempit.

Dalam pengaturan atau penataan tersebut terdapat beberapa konsep yang bisa dicoba, hal ini disebut sebagai sistem hidroponik, di antaranya NFT, DFT, drip system, dan beberapa sistem lainnya.

Perihal sistem hidroponik tersebut Anda dapat membacanya di artikel berikut ini: sistem hidroponik.

2) Hidronopik menawarkan banyak kelebihan

Kamu ragu apakah tanaman bisa hidup tanpa tanah?

Coba kunjungi beberapa tempat yang telah mempraktekkan metode bercocok tanam yang satu ini. Kamu akan menemukan tanaman tumbuh dengan subur meskipun tidak menggunakan media tanah.

Hidroponik justru menawarkan beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan air. Media yang digunakan biasanya mempermudah akar untuk menyerap air dan nutrisi sehingga pertumbuhan tanaman menjadi lebih optimal.

Lalu dimana tanaman bisa mendapatkan makanannya? Bukannya unsur hara ada di tanah?

Ya, bila ditanam dengan media tanah maka sumber nutrisi atau makanan bagi tumbuhan ada pada unsur hara tanah. Namun, cukup berbeda dengan hidroponik yangmana sumber nutrisi atau makanan dari tanaman berasal dari air nutrisi yang dialirkan melalui pipa.

Beberapa keunggulannya, yakni metode hidroponik juga lebih hemat biaya dan efisien. Kebersihan tanaman tetap terjaga karena terhindar dari tanah.

Kamu juga bisa merawat tanaman dengan lebih mudah karena hama bisa diantisipasi karena tempat yang bersih.

3) Kini hidroponik bisa diatur menggunakan ponsel pintar

Tahukah kamu?

Sekelompok mahasiswa telah mengembangkan teknologi untuk mengatur suhu dan pH media tanam. Yang mengejutkan, kamu bisa melakukannya lewat ponsel pintar! Canggih, bukan?

Penemuan ini bisa memudahkan petani yang selama ini kesulitan untuk mengecek suhu serta pH air sebagai media hidroponik.

Alat untuk pengecekan tersebut baru tersedia di luar negeri dan dijual dengan harga mahal. Namun berkat inovasi anak bangsa, kini petani menjadi sangat terbantu.

Penemuan tersebut bernama BPONIK Systems yang dijual dengan harga 7 juta rupiah. Harga ini tentunya jauh lebih murah jika dibandingkan dengan produk luar negeri.

 Jangan salah, produk ini telah mendapat banyak penghargaan, lho.

4) Siapa sih penemu alat canggih tersebut?

Dilansir dari IDN Times, ternyata keduanya adalah mahasiswa jurusan Teknik Elektro Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Mesin tersebut dapat dihubungkan dengan smartphone menggunakan aplikasi khusus. Indonesia patut berbangga dengan karya tersebut.

Di saat dunia pertanian Indonesia tengah menghadapi tantangan yang besar, metode hidroponik menawarkan solusi praktis yang bisa diaplikasikan secara mudah oleh para petani.

Didukung dengan teknologi canggih untuk monitoring, kamu harus bantu mengembangkan dunia pertanian Indonesia dengan melakukan metode cocok tanam yang satu ini.

Apa contoh produk dari hidroponik?

Bila kamu pernah ke supermarket, cobalah lihat sayuran selada pada supermarket tersebut. Biasanya akan tampak hijau dan bersih. Nah, ini adalah salah satu contoh produk dari hidroponik.

Ya, memang saat ini banyak resto maupun supermarket yang lebih memilih sayuran yang menggunakan teknik hidroponik.

Dari beberapa informasi dan keunggulan hidroponik di atas, apakah kamu tertarik untuk juga memulai metode ini untuk diimplementasikan pada rumahmu?

Demikian saja, semoga bermanfaat ya.

Seorang pembelajar. Mari kita saling mendoakan yang baik-baik.

Write A Comment